Penulis Utama : Aip Pradipta Farhan
NIM / NIP : I1413004
×

Piko hidro adalah energi yang ramah lingkungan, dapat diandalkan, murah dan mampu untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk penduduk didaerah terpencil, meskipun daya yang dihasilkan kurang dari 5 kW. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan nilai torsi pada turbin dengan menggunakan variasi jumlah sudu dan kemiringan sudu yang ditinjau dengan besaran debit yang sudah ditentukan. Simulasi piko hidro menggunakan Solidworks.
Penelitian dilakukan dengan variasi kemiringan sudu 50°, 60°, 70°, 80°. Variasi jumlah sudu turbin adalah 3, 4 ,5 dan 6. Menggunakan rincian pemodelan (Patrick Ho-yan, 2012) digunakan sebagai desain dasar dalam melakukan simulasi CFD, dengan variasi laju aliran volume yaitu 5.61 L/s, 7.3 L/s, 11.1 L/s, dan 12.9 L/s. Simulasi yang didapatkan berupa visualisasi tekanan pada permukaan turbin dan torsi yang mengenai turbin. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai torsi yang maksimal terdapat pada kemiringan sudu 70° dan jumlah sudu 6 dengan menghasilkan nilai torsi sebesar 2.134 Nm pada variasi debit air 12.9 L/s. Simulasi penelitian ini mampu memberikan desain turbin yang baik untuk piko hidro.
Kata kunci : Piko hidro, reverse engineering, turbin propeler , computational fluid dynamic (CFD)

 

×
Penulis Utama : Aip Pradipta Farhan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1413004
Tahun : 2016
Judul : Optimalisasi desain turbin plta pico-hydro untuk meningkatkan efisiensi daya dengan bantuan software cfd dan konsep reverse engineering
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Mesin Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Mesin-I.1413004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Dwi Aries Himawanto, ST, MT
2. D. Danardono, ST, MT, PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.