Penulis Utama : Indah Wulandari
NIM / NIP : K4308092
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu dengan model kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only nonequivalent control group design dengan kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelompok kontrol yang menerapkan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes uraian, lembar observasi, dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji-t.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh nyata terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMP Islam Diponegoro tahun pelajaran 2015/2016 baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Biologi, Kognitif, Afektif, Psikomotorik, Pencernaan Makanan Pada Manusia.

 

×
Penulis Utama : Indah Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4308092
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas viii smp islam diponegoro tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K.4308092-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd
2. Puguh Karyanto, S.Si, M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.