Penulis Utama : Maharani Kusuma Daruwati
NIM / NIP : D0211058
×

Indonesia memiliki keberagaman budaya dan adat istiadat yang tetap dijaga kelesatariannya hingga saat ini. Keberagaman budaya di Indonesia terlihat dari banyaknya tradisi yang ada di setiap daerah di Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki warisan budaya yang harus dilestarikan oleh generasi penerusnya. Keberagaman suku dan budaya di Indonesia seharusnya menjadikan Indonesia lebih kaya akan budaya dan adat istiadat. Salah satu budaya dan adat istiadat yang dapat dilihat yaitu pada acara pernikahan. Percampuran dua adat atau tradisi melalui pernikahan menjadi suatu hal baru yang dapat lebih mempersatukan Indonesia. Perbedaan budaya serta bahasa pada masing-masing adat menjadi salah satu faktor sulitnya menyatukan kedua budaya tersebut melalui jalur penikahan. Perbedaan adat atau tradisi pernikahan masing-masing akan memunculkan adanya negosiasi antara keluarga keduabelah pihak untuk menentukan adat mana yang akan digunakan dalam upacara pernikahan berbeda suku tersebut.
Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Surakarta dengan fokus pada keluarga pasangan berbeda adat antara adat Jawa dan adat Minangkabau, Jawa dan Aceh, Jawa dan Batak, Jawa dan Bali. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Peneliti memilih subjek penelitian dalam penelitian ini adalah keluarga dari pasangan pernikahan berbeda adat di Surakarta serta masyarakat sebagai narasumber mengenai pernikahan berbeda adat di Surakarta. Proses analisis data meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan serta verifikasinya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Komunikasi yang dilakukan pasangan berbeda adat adalah dengan komunikasi jarah jauh melalui perantara dan juga komunikasi secara langsung dengan berembug secara tatap muka. (2) Prosesi pernikahan adat Jawa lebih menonjol dibandingan dengan budaya lain karena prosesi budaya Jawa memiliki pakem khusus dalam setiap runtutan acaranya. (3) Identitas budaya Jawa lebih menonjol dalam pernikahan pasangan berbeda adat karena pasangan tersebut berada di lingkungan Jawa.
Kata kunci: Komunikasi Antarbudaya, Pernikahan Berbeda Adat, Identitas Budaya

 

×
Penulis Utama : Maharani Kusuma Daruwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211058
Tahun : 2016
Judul : Komunikasi dan identitas kultural (Studi tentang Dampak Komunikasi terhadap Pembentukan Identitas Kultural pada Pernikahan Berbeda Adat di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.0211058-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. H. Pawito, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.