Penulis Utama : Ulinnuha Madyananda
NIM / NIP : S841408036
×

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) latar belakang sosial penulis dalam penciptaan novel Laskar Pelangi, Padang Bulan dan Ayah, (2) aspek sosial yang ditampilkan dalam novel Laskar Pelangi, Padang Bulan dan Ayah, (3) tanggapan pembaca terhadap novel Laskar Pelangi, Padang Bulan dan Ayah, (4) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi, Padang Bulan dan Ayah, dan (5) relevansinya dengan pembelajaran apresiasi prosa di perguruan tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis (analisis isi) dan index interview (daftar wawancara). Kegiatan yang dilakukan adalah membaca, mencermati, menafsirkan, dan menganalisis novel Laskar Pelangi, Padang Bulan, dan Ayah karya Andrea Hirata. Sumber data dalam penelitian ini adalah: (1) biografi pengarang, (2) teks novel Laskar Pelangi, Padang Bulan, dan Ayah karya Andrea Hirata, (3) panduan wawancara, (4) silabus pembelajaran apresiasi prosa di perguruan tinggi, dan (5) buku-buku literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen dan wawancara secara mendalam. Trianggulasi dilakukan dengan trianggulasi sumber, metode, dan teori dengan pengecekan data dokumen dan hasil wawancara untuk mendapatkan simpulan yang sama. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling, sampel mewakili informasinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara aspek sosial penulis terhadap hasil karya yang diciptakan Andrea Hirata; (2) terdapat tiga aspek sosial yang menonjol dalam novel Laskar Pelangi, Padang Bulan dan Ayah karya Andrea Hirata, yaitu pekerjaan, pendidikan, dan tempat tinggal; (3) terdapat kesamaan secara umum terhadap tanggapan pembaca pada novel Laskar Pelangi, Padang Bulan dan Ayah yang meliputi tema, tokoh favorit, nilai historis novel, perspektif kehidupan sosial, pemecahan masalah sosial, jalinan cerita antarnovel, hubungan peristiwa dengan keadaan masa kini, dan nilai pendidikan karakter; (4) terdapat lima nilai pendidikan karakter yang menonjol dalam novel Laskar Pelangi, Padang Bulan dan Ayah karya Andrea Hirata, yaitu religius, kerja keras, bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab; (5) kegiatan pembelajaran apresiasi prosa yang cocok menggunakan hasil analisis unsur sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter novel-novel karya Andrea Hirata adalah mata kuliah Kritik Sastra dan Sosiologi.
Kata kunci: sosiolosgi pengarang, sosiologi karya, tanggapan pembaca, nilai pendidikan karakter, dan kontribusi pembelajaran

 

×
Penulis Utama : Ulinnuha Madyananda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841408036
Tahun : 2016
Judul : Aspek sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter novel-novel karya andrea hirata serta relevansinya dengan pembelajaran apresiasi prosa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841408036 -2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.