Penulis Utama : Mochammad Sofwan
NIM / NIP : S841408022
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menerapkan metode problem based learning dengan media video; (2) meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan metode problem based learning dengan media video.
Penelitian ini berbentuk classroom action research atau penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X AP1 SMK Negeri 6 Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah informan (guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa), tempat (SMK Negeri 6 Surakarta), peristiwa (proses belajar mengaja), dan dokumen (hasil menulis siswa, data nilai dari prasiklus, siklus I,dan siklus II, serta catatan lapangan selama proses belajar mengajar dari bulan Juli sampai dengan Desember 2015. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pemberian simulasi terlebih dahulu oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja/perfomance. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif komparatif dan analisis interaktif . Sedangkan uji validitas data dengan triangulasi data (sumber), triangulasi metode, dan teknik review informan. Penelitian ini didesain dalam dua siklus. Prosedur dalam setiap siklus mencakup 4 tahap,yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem based learning dengan media video dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X AP1 SMK Negeri 6 Surakarta. Peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis ditandai dengan meningkatnya indikator perilaku siswa lebih positif seperti kesiapan, perhatian, keaktifan, kerjasama, dan keseriusan siswa mengikuti proses pembelajaran. Penerapan metode problem based learning dengan media video juga dapat meningkatkan kualitas hasil menulis teks laporan hasil observasi siswa. Hal ini tampak dari adanya peningkatan rata-rata nilai yang diraih siswa dan telah memenuhi target pencapaian pada setiap siklus. Pada pratindakan jumlah siswa yang nilainya di atas KKM 75 sebanyak 11 siswa (34 %) dengan rerata nilai 73, 13. Siklus I jumlah siswa tuntas di atas KKM (75) sebanyak 25 siswa (78,1%) dengan rerata nilai 80. Peningkatan nilai juga terjadi pada siklus II yaitu julmah siswa tuntas KKM sebanyak 30 siswa (94%) dengan rerata nilai sebesar 87,16. Jadi, dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan metode problem based learning dengan media video dapat meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil obserbvasi pada siswa kelas X AP1 di SMK Negeri 6 Surakarta; dan (2) kualitas proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan metode problem based learning dengan media video semakin meningkat.
Kata kunci : keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, problem based learning

 

×
Penulis Utama : Mochammad Sofwan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841408022
Tahun : 2016
Judul : Penerapan metode problem based learning dan media video untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas x ap1 smk negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841408022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M. Pd
2. Dr. Sumarwati,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.