Penulis Utama : Riza Dwi Tyas Widoyoko
NIM / NIP : S841408031
×

Pentingnya penelitian terhadap keterampilan berbicara karena salah satu kompetensi berbahasa yang perlu untuk dikuasai oleh siswa. Keterampilan berbicara cukup sulit dikuasai oleh siswa kesulitan disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang menghambat dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara, salah satunya adalah model/bentuk pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Think Pair Share; (2) perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi dan rasa percaya diri rendah. (3) interaksi antara model pembelajaran Snowball Throwing dan rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara.
Metode penelitian yaitu penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2, dengan populasi penelitian seluruh siswa SMP Negeri I Kebonagung dan SMP Negeri I Punung. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes keterampilan berbicara dan angket rasa percaya diri. Teknik analisis dalam penelitian ini digunakan Analisis Varians Dua Jalan.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian, (1) ada perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Think Pair Share. Hal ini sesuai dengan hasil statistik diperoleh Fh = 6,66 > Ft = 4,07 dengan db pembilang = 1 dan db penyebut = 42, pada taraf nyata = 0,05; (2) ada perbedaan keterampilan berbicara antara siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi dan rasa percaya diri rendah. Hal ini sesuai dengan hasil statistik diperoleh Fh = 21,57 > Ft = 4,07 dengan db pembilang = 1 dan db penyebut = 42, pada taraf nyata = 0,05; (3) ada interaksi antara model pembelajaran Snowball Throwing dan rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara. Terbukti dengan hasil statistik diperoleh Fh = 5,78 > Ft = 4,07 dengan db pembilang = 1 dan db penyebut = 42, pada taraf nyata = 0,05. Simpulan penelitian ini, keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share; keterampilan berbicara siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi lebih baik daripada keterampilan berbicara siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah; terdapat interaksi antara model pembelajaran dan rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara siswa.
Kata kunci: pembelajaran, model, snowball, dan berbicara

 

×
Penulis Utama : Riza Dwi Tyas Widoyoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841408031
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh model pembelajaran snowball throwing dan rasa percaya diri terhadap keterampilan berbicara siswa kelas viii smp negeri di Kabupaten Pacitan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841408031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.