Penulis Utama : Yunita Febriani
NIM / NIP : K5109054
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar IPA pada anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2014/2015
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One group pre test- post test design, sekelompok subyek dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu, dan pengaruh perlakuan diukur dari perbedaan antara pengukuran awal (pre-test) dan pengukuran akhir (post-test). Populasinya adalah seluruh siswa tunagrahita ringan kelas X SLB Negeri Surakarta yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Validitas data menggunakan Corrected Item-Total Correlation dan reliabilitas data menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik non parametrik, yaitu Wilcoxon Matched-Pair Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa tunagrahita ringan kelas X. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran efektif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA siswa tunagrahita ringan yang ditunjukkan dengan hasil nilai zhitung< Ztabel yaitu -2,200 < 1,645 dengan derajat kebebasan (df) = 5 pada nilai probabilitas sebesar 0,028 < 0,05. Prestasi belajar IPA siswa tunagrahita ringan kelas X mengalami peningkatan setelah diberikan treatment berupa pembelajaran kooperatif tipe STAD..
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran efektif terhadap peningkatan prestasi belajar IPA anak tunagrahita ringan kelas X di SLB Negeri Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe STAD, prestasi belajar IPA, tunagrahita ringan

 

×
Penulis Utama : Yunita Febriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5109054
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap prestasi belajar ipa pada anak tunagrahita ringan kelas x di slb negeri surakarta tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K.5109054-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc
2. Sugini, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.