Penulis Utama : Fachrudin Rahmat Bintoro
NIM / NIP : D1212033
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pola komunikasi interpersonal orang tua, motivasi berprestasi dengan prestasi belajar anak di kalangan siswa Kelas V-VI Sekolah Dasar Negeri Singkil Parangjero Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi untuk mngetahui hubungan dua variabel atau lebih menggunakan uji hipotesis atau prediksi. Teknik analisa penelitian yang digunakan adalah chi square. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer adalah data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan siswa.
Jenis penelitian menggunakan eksplanatori (Explanatory Research), merupakan penelitian menjelaskan hubungan kausal antara variable penelitian dengan pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas V-VI Sekolah Dasar Negeri Singkil Parangjero SukoharjoData primer dengan lembar koding (coding sheet).Pengumpulan data ini dilakukan dengan mencatat, menyeleksi dan mengkode data yang diperlukan sesuai dengan tujuan penelitian, selanjutnya studi kepustakaan untuk memperlengkapi data.
Hasil penelitian dapat dilihat dari tabel correlations diperoleh variabel pola komunikasi interpersonal keluarga dengan motivasi berprestasi dengan metode dua sisi (sig [2-tailed]) dari output nilai probabilitas 0,05 lebih besar dari propabilitas Sig atau (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Terbukti bahwa pola komunikasi interpersonal keluargamempunyai hubungan secara signifikan dengan motivasi berprestasi, variabel motivasi berprestasi dengan prestasi belajar dari output nilai sig. sebesar 0,003 lebih kecil dari propabilitas Sig atau (0,003 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Terbukti bahwa motivasi berprestasimempunyai hubungan secara signifikan dengan prestasi belajar, variabel pola komunikasi interpersonal keluarga dengan prestasi belajar dengan nilai sig. sebesar 0,021 lebih kecil dari propabilitas Sig atau (0,021 < 0,05), maka pola komunikasi interpersonal keluargamempunyai hubungan secara signifikan dengan prestasi belajar.
Kata kunci: pola komukasi, motivasi berprestasi, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Fachrudin Rahmat Bintoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212033
Tahun : 2016
Judul : Pola Komunikasi Interpersonal Keluarga, Motivasi Berekspresi dan Prestasi Belajar (Studi korelasi antara Pola KomunikasiInterpersonal Keluarga, Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Belajar Anak di Kalangan Siswa Kelas V-VI Sekolah Dasar Negeri Parangjoro 01 Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur.Ilmu Komunikasi-D.1212033-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tantri Herawati, S.Sos.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.