Penulis Utama : Jefri Rieski Triyanto
NIM / NIP : S861408024
×

ABSTRAK
Setiap lokalitas tertentu memiliki perbedaan tradisi sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Tradisi lokal syarat dengan ajaran moral dan kearifan yang berguna untuk mengatasi kritis multidimensi yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu dari nilai kearifan lokal dari tradisi asli bangsa Indonesia sendiri yaitu gotong royong. Sikap gotong royong merupakan tindakan dimana kebutuhan umum akan dinilai lebih tinggi dari kebutuhan individu.
Pendidikan merupakan proses internalisasi gagasan, nilai, dan seperangkat pengetahuan dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Maka dari itu, setiap lembaga pendidikan memiliki peran untuk menanamkan nilai-nilai tradisi lokal kepada peserta didik. Penelitian ini diharapkan mampu menumbuhkan dan meningkatkan sikap gotong royong peserta didik dengan meneladani nilai-nilai gotong royong dalam tradisi Singo Ulung.
Desain pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi Singo Ulung disusun berdasarkan prosedur ADDIE yang terdiri dari lima langkah. Secara garis besar lima tahapan dalam penelitian tersebut meliputi studi pendahuluan, pengembangan model pembelajaran, dan uji efektifitas model pembelajaran. Analisis data kelayakan model menggunakan skala Likert dengan rentang 1 sampai 5, sedangkan uji efektivitas model menggunakan uji T Independent Sample T Test pada progam SPSS 19.
Pada Uji T untuk tes prestasi diperoleh nilai sebesar 2,637 dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,025, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model yang dikembangkan serta menunjukkan bahwa rerata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Uji T untuk penilaian sikap gotong royong diperoleh nilai sebesar 2,649 dengan taraf signifikansi 0,011 < 0,025, sehingga dapat disimpulkan rerata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Dengan demikian, model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai tradisi Singo Ulung efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap gotong royong peserta didik.
Kata Kunci : nilai tradisi lokal, pengembangan model, gotong royong

×
Penulis Utama : Jefri Rieski Triyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861408024
Tahun : 2016
Judul : Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai-Nilai Tradisi Singo Ulung Untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong Peserta Didik SMAN Grujugan Kabupaten Bondowoso
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi.Pendidikan Sejarah-S.861408024-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M. Pd.,
2. Hermanu Joebagio
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.