Penulis Utama : Khoirul Anwar
NIM / NIP : S861408025
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan pengaruh antara model Project Based Learning dan model Inquiry Learning terhadap prestasi belajar; (2) mengetahui perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar; (3) mengetahui pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.
Pendekatan penelitian ini adalah eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab akibat atau causal-effect relationship antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mengikuti perkuliahan Pendidikan Pancasila. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran dan motivasi belajar, variabel
terikatnya adalah hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Data hasil pengukuran dianalisis dengan uji prasyarat untuk mengetahui normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan ANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh model Project Based Learning dan model Inquiry Learning yang signifikan terhadap hasil belajar. Kelompok model Project Based Learning memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada kelompok model Inquiry Learning dengan nilai nilai Fhitung > Ftabel atau 5,450 > 0,022. Kelompok model Project Based Learning memperoleh rata-rata hasil belajar 79,49, sedangkan kelompok model Inquiry Learning memperoleh rata-rata hasil belajar 75,78; (2) Terdapat perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar. Hasil nilai Fhitung > Ftabel atau 6,365 > 0,014; (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara penggunaan model Project Based Learning dan model Inquiry Learning dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Hasil nilai Fhitung > Ftabel menunjukan 4,742 > 0,033.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, Model Inquiry Learning, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar.

×
Penulis Utama : Khoirul Anwar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861408025
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Model Project Based Learning Dan Inquiry Based Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Bahasan Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia Masa 1945-1949 terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2015/2016.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi.Pendidikan Sejarah-S.861408025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wasino, M.Hum.
2. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.