Penulis Utama : Kurnia Catur Wardani
NIM / NIP : D0210068
×

ABSTRAK
Banyak UKM yang cenderung sulit berkembang karena kurangnya kesadaran akan pentingnya sebuah strategi komunikasi pemasaran. Hal ini disebabkan adanya anggapan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran membutuhkan anggaran yang besar sementara UKM hanya memiliki anggaran yang minim. Padahal, strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu kunci
keberhasilan perusahaan, khususnya di bidang pemasaran. Objek penelitian ini adalah UKM Adaideaja sebagai salah satu produsen kaos plesetan di Indonesia. Dengan perkembangan bisnisnya, UKM Adaideaja menunjukkan bahwa anggaran yang minim tidak menjadi halangan untuk merancang strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien dengan memanfaatkan channel komunikasi yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan UKM Adaideaja untuk meningkatkan penjualan Kaos Tomat dan Papananda dan mengetahui strategi komunikasi pemasaran apakah yang paling berdampak langsung terhadap peningkatan penjualan kaos tersebut. Dalam merumuskan strategi komunikasi pemasaran, diperlukan dukungan konsep-konsep teori yang relevan dan teruji kebenarannya. Penelitian ini menggunakan teori bauran promosi delapan elemen yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller. Penelitian ini juga menggunakan teori Efek Hirarki Komunikasi yang dikemukakan Lavidge dan Steiner, serta konsep teori yang mendukung yaitu storytelling dan social media marketing dalam mendukung engagement. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena sosial tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi dokumen, dan kepustakaan. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling
dalam menentukan narasumber. Dalam teknik ini, narasumber yang dipilih adalah yang mengetahui dan memahami permasalahan yang ada. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Adaideaja memanfaatkan lima dari delapan bauran promosi yang ada yaitu public relations, event, personal selling, interactive promotion, word of mouth promotion. Secara garis besar, strategi yang paling berdampak langsung terhadap penjualan adalah public relations, event dan personal selling.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Pemasaran, Bauran Pemasaran, Bauran Promosi, Storytelling, Public Relations.

×
Penulis Utama : Kurnia Catur Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210068
Tahun : 2016
Judul : Strategi Komunikasi Pemasaran UKM Adaideaja Dalam Meningkatkan Penjualan Produk (Analisis Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi Pemasaran “Syair dan Siar” UKM Adaideaja dalam Meningkatkan Penjualan Kaos Tomat dan Papananda, Gejikan RT 01 / RW 11 Gagaksipat, Solo, Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur.Ilmu Komunikasi-D.0210068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kusumawati, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.