Penulis Utama : Anggraini Wulan Prasasti
NIM / NIP : K2211010
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) menginvestigasi strategi belajar Bahasa Inggris yang digunakan oleh para siswa yang berprestasi baik; dan (2) mengidentifikasi seberapa jauh kesadaran para siswa berprestasi baik akan keuntungan menggunakan strategi belajar Bahasa Inggris.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2015 di SMA Negeri 4 Surakarta yang terletak di Jln. Adi Sucipto No.1 Surakarta. Sumber data meliputi peristiwa, wawancara dan analisis dokumen. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuisioner, dan analisi dokumen. Aktivitas belajar para siswa berprestasi baik diamati dan dicatat. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif yang meliputi reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan observasi, wawancara, kuisioner dan analisis dokumen, dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi belajar Bahasa Inggris yang digunakan para siswa berprestasi baik meliputi enamklasifikasi Oxford yang menunjukkan bahwa strategi yang paling sering digunakan adalah strategi metakognitif; mengevaluasi pembelajaran, mengatur pembelajaran,fokus dalam pembelajaran, dan membuat targetdan tujuan belajar. Strategi kognitif mereka adalah menerjemahkan, berlatih, menyusun materi belajar. Strategi sosial mereka adalah bertanya, dan bekerja sama dengan orang lain. Strategi memori mereka adalah menghubungkan informasi yang berkaitan dan mengulang materi pelajaran. Strategi kompensasi mereka adalah menebak secara logis dan mengatasi keterbatasan dalam berbicara. Strategi yang paling jarang digunakan adalah strategi afektif seperti memotivasi diri sendiri dan menenangkan diri. (2)Para siswa berprestasi baik sadar akan manfaat strategi belajar Bahasa Inggris yang mereka gunakan. Manfaatnya adalah mereka dapat: memahami lebih baik, belajar lebih efektif, meningkatan kosa kata, mengurangi kekhawatiran, dll. Strategi belajar membantu mereka untuk meningkatkan nilai dan mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris mereka.

Penggunaan strategi belajar dipandang bermanfaat dan membantu dalam pembelajaran dan prestasi Bahasa Inggris siswa. Strategi belajar dianggap sebagai salah satu faktor yang menentukan kesuksesan dalam pembelajaran bahasa kedua. Oleh karena itu, pelajar sebaiknya menemukan dan menggunakan strategi belajar yang paling sesuai sehingga mereka bisa sukses dalam pembelajaran mereka.

Kata kunci: Strategi belajar bahasa, siswa berprestasi baik, kesadaran akan manfaat strategi belajar

×
Penulis Utama : Anggraini Wulan Prasasti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2211010
Tahun : 2016
Judul : English Learning Strategy Of Good Achievers (A Case Study At SMA Negeri 4 Surakarta In Academic Year 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-K.2211010-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. Dahlan Rais, M.Hum
2. Kristiandi, S.S., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.