Penulis Utama : Annisa Raudhotul Jannah
NIM / NIP : G0012020
×

Latar Belakang: Kematangan sosial merupakan hasil dari perkembangan psikososial yang berpengaruh besar terhadap perilaku anak pada fase berikutnya. Perkembangan tersebut akan berjalan optimal dengan dukungan faktor psikologis dan asupan gizi yang benar. Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama dan pertama bagi bayi usia kurang dari 6 bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kematangan sosial pada bayi usia 6-12 bulan yang diberi ASI eksklusif dan yang tidak diberi ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Ngoresan.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Posyandu Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan dengan sampel sebanyak 35 bayi usia 6-12 bulan yang diberi ASI eksklusif dan 35 bayi usia 6-12 bulan yang tidak diberi ASI eksklusif. Variabel bebas penelitian ini adalah pemberian ASI eksklusif yang dinilai dengan wawancara kepada ibu dari subjek penelitian. Variabel terikat penelitian ini adalah kematangan sosial yang diukur dengan instrumen Vineland Social Maturity Scale (VSMS). Hasil yang didapat diuji dengan uji Mann-Whitney.

Kata Kunci: ASI eksklusif, perkembangan psikososial, kematangan sosial.
 

×
Penulis Utama : Annisa Raudhotul Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012020
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Tingkat Kematangan Sosial pada Bayi Usia 6-12 Bulan dengan Asi Eksklusif dan Non-Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran-G.0012020-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes., Sp.GK
2. Anik Lestari, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.