Penulis Utama : Betty Andriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.231308003
Tahun : 2016
Judul : MANAJEMEN RELATIONSHIP DOKTER DAN PASIEN (Study Kasus Manajemen Relationship Dokter dalam Berkomunikasi dengan Pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Ilmu Komunikasi-S.231308003-2016
Subyek : MANAJEMEN RELATIONSHIP
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pemahaman dokter tentang komunikasi dokter dan pasien, manajemen relationship dokter Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta dalam berkomunikasi dengan pasien, serta bagaimana peran dokter sebagai komunikator maupun sebagai komunikan dalam membangun, memelihara dan mempertahankan hubungan komunikasi dengan pasien.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian study kasus dan tipe penelitian yang digunakan deskriptif. Penelitian kualitatif ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang detil dan mendalam tentang komunikasi dokter dan pasien, manajemen relationship dokter dalam berkomunikasi dengan pasien, bagaimana dokter membangun dan memelihara hubungan dengan pasien baik sebagai komunikator maupun sebagai komunikan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara atau depth interview dokter yang bekerja dan memiliki ijin praktek di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dokter memahami komunikasi sebagai tuntutan profesi yang mewajibkannya melakukan komunikasi yang intens kepada pasien untuk kesembuhan pasien, berhubungan dengan profesionalisme dan merupakan tuntutan prosedur untuk keselamatan pasien. Membangun hubungan dengan mengenal satu sama lain, membangun trust serta kedekatan dengan pasien, dan menunjukkan pencitraan personal, serta memperhatikan kualitas dan kuantitas waktu yang digunakan. Memelihara hubungan dengan menjaga kedekatan personal dan komunikasi yang intens di luar kunjungan rutin, saling memberi menerima dan tidak bersentuhan dengan ranah pribadi pasien. Mempertahankan hubungan dengan menghindari konflik dan memotivasi spiritual pasien yang jenuh dengan pengobatan. Prinsip kredibilitas dokter sebagai komunikator adalah dengan memiliki daya tarik mempengaruhi keyakinan pasien, memahami karakter pasien berdasarkan usia dan jenis kelamin, memancing pembicaraan serta melakukan fungsi edukasi dengan bahasa yang dipahami pasien. Peran dokter sebagai komunikan dengan mendengar aktif dan memperhatikan komunikasi non verbal pasien, berempati positif, memberikan perlakuan sesuai dengan keinginan pasien sebagai mitra atau teman yang dihargai, serta memberikan support motivasi untuk mendukung proses kesembuhan pasien. 

Kata Kunci: Komunikasi dokter dan pasien, relationship, komunikator, komunikan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
2089.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D
2. Drs. Yulius Slamet, M.Sc, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana