Penulis Utama : Alexander Adi A U
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012010
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pola Hidup terhadap Kejadian Toksoplasmosis pada Ibu Hamil di wilayah Kerja Puskesmas Jaten 1 Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Jur.Kedokteran-G0012010-2016
Subyek : IBU HAMIL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Latar Belakang: Wanita hamil yang terinfeksi Toxoplasma gondii dapat menularkan penyakit ini ke janinnya sehingga dapat melahirkan bayi dengan kelainan kongenital. Di seluruh dunia, sudah lebih dari 6 milyar orang yang telah terinfeksi dengan T. gondii. Pola hidup yang dapat meningkatkan terjadinya penularan pada manusia, antara lain kebiasaan makan sayuran mentah dan buahbuahan
segar yang dicuci kurang bersih, kebiasaan makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu, mengkonsumsi makanan dan minuman yang disajikan tanpa ditutup, atau makan organ dalam hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola hidup terhadap kejadian toksoplasmosis pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Jaten I Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Metode: Penelitian ini bersifat observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Laboratorium Biomedik FK UNS dan Puskesmas Jaten I. Sampel berupa ibu hamil dan darah ibu hamil diambil di wilayah kerja Puskesmas Jaten I yang diperoleh secara purposive sampling. 89 ibu hamil diberikan kuesioner mengenai pola hidup yang terdiri dari 10 macam pola hidup yakni kontak dengan kucing, kotoran kucing, memelihara kucing, kucing berkeliaran, konsumsi daging setengah matang, konsumsi sayuran mentah, mencuci buah dan sayuran, mencuci tangan, pekerjaan kontak dengan tanah, serta makan di luar rumah. Darah ibu hamil diambil untuk dilakukan uji ELISA di laboratorium Biomedik FK UNS. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan uji analisis bivariat berupa uji chi-square (a = 0,05).
Hasil: Hasil uji chi-square menunjukkan adanya pengaruh pola hidup mengkonsumsi sayuran mentah terhadap kejadian toxoplasmosis (p<0,05) dengan odds ratio (OR) sebesar 3,733.
Simpulan: Ada pengaruh pola hidup terhadap kejadian toksoplasmosis pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Jaten I Kabupaten Karanganyar. Pola hidup yang berpengaruh terhadap kejadian toksoplasmosis pada ibu hamil adalah mengkonsumsi sayuran mentah.
Keywords: Toksoplasmosis, pola hidup, ibu

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
IMG_20160428_171533.jpg
COVER.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
bab 6.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Paramasari Dirgahayu, dr., PhD.
2. Murkati, dr., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran