Penulis Utama : Hanifah Nur Najibah Koman
NIM / NIP : K2211038
×

Tujuan dari penelitian ini ialah: (1) untuk mengetahui konsep diri siswa, (2) untuk mengetahui strategi belajar siswa; dan (3) untuk mengidentifikasi persepsi siswa terhadap proses belajar dan mengajar. 

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Augustus sampai September 2015 di SMK Negeri 6 Surakarta jurusan Multimedia. Subjek dari penelitian ini adalah seorang siswa jurusan Multimedia di SMK Negeri 6 Surakarta yang memiliki karakteristik yang berbeda diantara teman-temannya dan memiliki prestasi yang tinggi dalam pelajaran bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai perspektif dari subjek penelitian melalui metode penelitian studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah informan,  peristiwa, dan dokumen. Dalam penelitian ini, terdapat empat teknik pengumpulan data yaitu wawancara, angket, observasi yang tidak berpartisipasi, dan analisis dokumen. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan model interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Ditemukan beberapa karakteristik dari siswa E yang berkaitan dengan konsep diri dan strategi belajar. Pertama, ia adalah seorang anak yang tidak mudah menyerah saat ia gagal. Kedua, ia mempunyai waktu tertentu untuk berlatih bahasa Inggris. Saat pagi hari, ia terbiasa menulis berbagai hal dalam bahasa Inggris. Dia juga terbiasa membaca buku sepulang sekolah, khususnya saat di rumah. Ketiga, siswa E memiliki tujuan dalam belajar bahasa Inggris, yaitu dia ingin memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Keempat, siswa E memiliki rasa percaya diri yang baik. Selain beberapa karakteristik yang berhubungan dengan konsep diri dan strategi belajar, siswa E juga memiliki beberapa persepsi sendiri mengenai proses belajar mengajar.

Secara keseluruhan, siswa E memiliki konsep diri yang kuat. Ia ialah seorang yang tidak mudah menyerah hingga mampu melakukan sesuatu yang dituju. Ia memiliki tujuan dalam belajar bahasa Inggris. Ia juga memiliki rasa percaya diri yang baik dalam ranah fisik maupun psikologis. Siswa E memiliki dua jenis strategi belajar yang menonjol yaitu strategi kognitif dan strategi metakognitif. Siswa yang mengetahui cara belajar yang tepat dan efektif, akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Strategi belajar yang digunakan siswa dipengaruhi oleh konsep dirinya. Lebih lanjut, siswa E menganggap bahwa guru bahasa Inggris di sekolah belum mengajar dengan efektif. Dia memandang bahwa cara guru mengajar masih satu arah. Dia berpendapat bahwa proses belajar mengajar di dalam kelas belum sesuai untuk dia. Namun demikian, dia juga menganggap bahwa gurunya telah menggunakan bahasa pengantar yang baik dalam menyampaikan materi.

Kata kunci: konsep diri, strategi belajar, siswa berprestasi baik

×
Penulis Utama : Hanifah Nur Najibah Koman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2211038
Tahun : 2016
Judul : The Self-Concept And Learning Strategies Of A Good Achiever In English: A Case Study in SMK N 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-K.2211038-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suparno, M.Pd
2. Kristiandi, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.