Penulis Utama : Dian Belly Yani
NIM / NIP : M0111020
×

ABSTRAK
Model generalized space time autoregressive – seemingly unrelated regression (GSTAR-SUR) adalah salah satu model space time yang digunakan untuk memodelkan data runtun waktu yang memiliki keterkaitan antar lokasi. Model GSTAR-SUR menggunakan metode generalized least square (GLS) dalam mengestimasi parameternya. Data banyaknya kunjungan wisatawan merupakan salah satu data runtun waktu yang memiliki keterkaitan antar lokasi sehingga dapat dimodelkan dengan model GSTAR-SUR.
Pada penelitian ini dilakukan pemodelan banyaknya kunjungan wisatawan pada empat lokasi wisata DKI Jakarta dengan model GSTAR-SUR. Keempat lokasi tersebut adalah Ancol, TMII, Ragunan dan Monumen Nasional. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model GSTAR -SUR dan validasi model ditunjukkan dengan prediksi model GSTAR -SUR untuk bulan Januari sampai dengan Desember 2014 dengan nilai root mean square error (RMSE) pada Ancol, TMII, Ragunan dan Monas berturut-turut sebesar , , , dan .
Kata Kunci : space time, GSTAR-SUR, GLS, wisatawan.

×
Penulis Utama : Dian Belly Yani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0111020
Tahun : 2016
Judul : Pemodelan Banyaknya Kunjungan Wisatawan pada Empat Lokasi Wisata DKI Jakarta dengan Model Generalized Space Time Autoregressive – Seemingly Unrelated Regression (GSTAR-SUR)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2016
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Jur. Sains Matematika-M0111020-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Retno Sari Saputro, S.Si., M.Kom.
2. Nughthoh Arfawi Kurdhi, S.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.