Penulis Utama : Fransiska Aprie Rian Parwitasari
NIM / NIP : S921108004
×

ABSTRAK
Latar belakang : Otitis Media Supuratif Kronis (OMSK) merupakan penyakit yang sering terjadi di negara berkembang dan komplikasi yang menyertainya masih merupakan problem utama. OMSK tipe maligna merupakan suatu kondisi dimana terjadi gangguan resorpsi dan destruksi tulang sehingga dapat menyebabkan komplikasi. Receptor Activator of Nuclear Factor ?B Ligand (RANKL) dan Osteoprotegerin (OPG) merupakan faktor yang mengontrol osteklastogenesis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rasio ekspresi RANKL dan OPG pada OMSK tipe maligna dan tipe benigna Metode : Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan desain crosssectional. Sebanyak 24 sampel terdiri dari 2 kelompok sampel yaitu 14 sampel OMSK tipe maligna dan 14 sampel OMSK tipe benigna menggunakan pemeriksaan imunohistokimia dengan perhitungan IDS.
Hasil : Pemeriksaan secara Imunohistokimia dari 24 sampel yang terdiri dari 14 OMSK tipe maligna dan 14 OMSK tipe benigna didapatkan IDS Rasio RANKL/OPG pada OMSK tipe maligna 12,19 ? 11,69 lebih tinggi daripada rasio RANKL/OPG pasien OMSK tipe benigna 1,75 ? 1,13. Uji beda rasio RANKL/OPG menunjukkan perbedaan yang signifikan (p = 0,008). Kesimpulan : Terdapat perbedaan rasio ekspresi RANKL/OPG pada pasien OMSK tipe maligna dan OMSK tipe benigna.
Kata kunci : OMSK tipe maligna, OMSK tipe benigna, Rasio RANKL/OPG

×
Penulis Utama : Fransiska Aprie Rian Parwitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S921108004
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Rasio Ekspresi Receptor Activator Of Nuclear Factor-?B Ligand (RNKL) dan Osteoprotrgrin (OPG) pada Pasien Otitis Media Supurativa Kronik (OMSK) Tipe Maligna dan Beningna
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : PPDS THT
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi.Ilmu Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher-S.921108004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Hadi Sudrajad, SpT.H.T.K.L, M.Si.Med
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.