Penulis Utama : Mukhammadkhon Musokhonzoda
NIM / NIP : M0510050
×

ABSTRAK
Vehicle Routing Problem Delivery and Pick-up (VRPDP) merupakan masalah penentuan rute optimal kendaraan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang terdiri dari pelayanan antar dan jemput dengan kendala kapasitas. Permasalahan VRPDP dapat diselesaikan dengan menggunakan algoritma yang bersifat eksak dan heuristik. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengimplementasikan efektivitas penggunaan Algoritma Palgunadi dalam menyelesaikan masalah VRPDP yang kemudian diimplementasikan dengan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java. Selanjutnya Algoritma Palgunadi juga digunakan dalam menyelesaikan contoh permasalahan VRPDP untuk mengetahui efektivitasnya pada masalah nyata.
Berdasarkan hasil percobaan Algoritma tersebut, disimpulkan bahwa Algoritma Palgunadi dapat digunakan untuk menyeselaikan kasus dalam skala besar. Hasil yang ditunjukkan program sesuai dengan perhitungan manual yang telah dilakukan sebelumnya. Program ini dapat diterapkan pada kasus yang berbeda. Algoritma Pagunadi ini dapat diajukan sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah penentuan rute kendaraan dengan kendala delivery and pick-up.
Kata Kunci: Vehicle Routing Problem Delivery And Pick-Up, VRPDP, Vehicle Routing Problem, VRP, Algoritma Palgunadi
ABSTRACT
Vehicle Routing Problem Delivery and Pick-up (VRPDP) is the problem of determining the optimal vehicles’ route to distribute customer demend which consists of delivery and pick-up service with capacity constraint. VRPDP problems canbe solved by using an exact and heuristic natured algorithm. Therefore, this study implements the effectiveness use of Palgunadi algorithm in solving VRPDP problems which is then implemented by using the application that is created in Java programming language. Furthermore Palgunadi algorithm is also used in solving the VRPDP problems’ sample to determine its effectiveness in the real problems.
Based on the algorithm experimental result, it was concluded that the Palgunadi algorithm can be used to solve cases on a large scale. The programs’ result is in accordance with the manual calculation that has been done before. This program applied to different cases. Palgunadi algorithm can be porposed as one alternative solution of determining vehicles’ route with delivery and pick-up constraints.
Key Words: Vehicle Routing Problem Delivery and Pick-up, VRPDP, Vehicle Routing Problem, VRP, Palgunadi Algorithm.

×
Penulis Utama : Mukhammadkhon Musokhonzoda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0510050
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Algoritma Palgunadi dalam Optimalisasi Vehicle Routing Problem Delivery And Pick-Up (VRPDP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2016
Program Studi : S-1 Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Jur. Informatika-M0510050-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. YS. Palgunadi, M.Sc.
2. Drs. Bambang Harjito M.App.Sc, Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.