Penulis Utama : Sayyidah Sumaiyah
NIM / NIP : K4411055
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pemahaman guru-guru Sejarah SMA MTA Surakarta tentang Kurikulum 2013, 2) pelaksanaan proses pembelajaran Sejarah Wajib Kelas X di SMA MTA Surakarta dalam ragka implementasi Kurikulum 2013, 3) kendala yang dihadapi dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Sejarah Wajib kelas X di SMA MTA Surakarta, 4) solusi untuk menghadapi kendala dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 mata pelajaran Sejarah Wajib kelas X di SMA MTA Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA MTA Surakarta pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilakukan pada bulan April 2015 sampai dengan Mei 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru sejarah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan kepala sekolah SMA MTA Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Agar data penelitian yang didapatkan valid, maka peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan peneliti yaitu model analisis interaktif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, penelitian lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) guru-guru sejarah sudah memahami mengenai Kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran aktif dengan penilaian menyeluruh meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran Sejarah Wajib kelas X berdasarkan Kurikulum 2013 sudah dilaksanakan dengan cukup baik, mulai dari persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas sampai penilaian. 3) Kendala yang dialami dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah Wajib kelas X adalah kemampuan pemahaman siswa yang berbeda-beda, penilaian, dan tidak mencukupinya waktu yang ada, 4) solusi yang diberikan untuk menghadapi masalah yang muncul antara lain dengan meminta siswa untuk bertanya baik kepada guru di kelas atau kepada teman di sekolah maupun ketika belajar di asrama saat mengalami kesulitan memahami materi, sekolah menyediakan blanko penilaian untuk memudahkan guru dalam penilaian dan guru memaksimalkan waktu yang ada dengan menyiasatinya memanfaatkan berbagai sumber belajar yang bisa diperoleh dari berbagai media.
Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Wajib kelas X di SMA MTA Surakarta sudah berjalan dengan baik meski masih ada beberapa kendala.
Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Sejarah Wajib kelas X

 

×
Penulis Utama : Sayyidah Sumaiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411055
Tahun : 2016
Judul : Implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah wajib kelas x di sma mta Surakarta tahun ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4411055-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leo Agung S., M.Pd
2. Isawati, S.Pd, MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.