Penulis Utama : Siti Nurfatonah
NIM / NIP : K4411057
×

Tujuan dalam penellitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Surakarta, dengan menggunakan model CTL melalui metode NHT dan media Mind Mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi-refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, yakni triangulasi metode dan sumber.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan model CTL melalui metode NHT dan media mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase ketercapaian indikator dalam angket kreativitas siswa. Pada siklus I rata-rata ketercapaian sebesar 75,99% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,97% perolehan ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%; (2) penerapan model CTL melalui metode NHT dan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai hasil tes kognitif, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 60,61% dan pada siklus II menjadi 84,84%, hasil ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CTL melalui metode NHT dan media mind mapping dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: model CTL, NHT, mind mapping, hasil belajar sejarah

 

×
Penulis Utama : Siti Nurfatonah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411057
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model ctl melalui metode numbered head together dan media mind mapping program untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas xi mia 2 sma negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4411057-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, S.Pd, M.Pd
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.