Penulis Utama : Akbar Zulmi Purnomo
NIM / NIP : F0311007
×


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur corporate governance (dewan komisaris, dewan komisaris independen, komisaris independen ahli keuangan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional) terhadap kinerja perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Kinerja perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan ROA. Pada penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yang diukur dengan ukuran dewan direksi.

Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang menghasilkan 207 perusahaan. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari website IDX (www.idx.co.id). Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Namun untuk ukuran dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen dan komisaris independen ahli keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan baik diukur dengan Tobin’s Q maupun ROA.

 

The main objective of this study is to determine the effect of corporate governance structure (board of commissioners size, proportion of independent commissioners, financial experts independent commissioners, managerial ownership and institutional ownership) on the performance of manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange in 2012-2014. The company's performance is measured by Tobin's Q and ROA. This study also uses control variables measured by the size of the board of directors.

The sampling method in this research is purposive sampling resulting in 207 companies. The data in this study are secondary data obtained from the financial statements IDX website (www.idx.co.id). The analysis method is multiple regression.

The results of this study show that institutional ownership and managerial ownership has a positive effect on company performance. On the other hand, the board size, the proportion of independent commissioners, and financial experts independent commissioners do not significantly affect the company's performance both measured by Tobin's Q and ROA

×
Penulis Utama : Akbar Zulmi Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0311007
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan manufaktur di Indonesia (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2016
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Jur. Akuntansi-F0311007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subekti Djamaluddin, M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.