Penulis Utama : Agung Heri Junianto
NIM / NIP : K4411001
×

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2 SMA N 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan aktivitas selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi atau perekaman. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan metode. Analisa data menggunakan teknik analisis interaktif dan analisis deskriptif.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa guru mampu menyusun RPP dengan baik dan juga mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran , sehingga proses belajar berjalan dengan baik. Penerapan model pembelajaran PASA (Picture And Student Active)dan QSH (Question Student Have) pada mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar kelas XI IIS 2 dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Keaktifan belajar siswa prasiklus dalam raihan kelas sebesar 45,59% meningkat menjadi 68,63% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80,90%. Prestasi belajar siswa pada prasiklus yang memenuhi KKM sebesar 3,00 atau nilai 70 sebesar 65,62% meningkat menjadi 68,75% pada siklus I dan berhasil ditingkatkan pada siklus II menjadi 87,50%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran PASA (Picture And Student Active)dan QSH (Question Student Have) dalam pembelajara sejarah mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas XI IIS 2 SMA N 5 Surakarta.
Kata kunci :PASA (Picture And Student Active), QSH (Question Student Have), Keaktifan Belajar Siswa, Prestasi Belajar

 

×
Penulis Utama : Agung Heri Junianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411001
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan keaktifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran pasa (picture and student active) dan qsh (question student have)pada mata pelajaran sejarah kelas xi iis 2 semester 1 sma n 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4411001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.