Penulis Utama : Anis Kurnia Miftahul Husna
NIM / NIP : K1212007
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) aspek gramatikal rubrik “Kronik” dalam surat kabar Solopos edisi Desember 2015 dan Junuari 2016, (2) aspek leksikal rubrik “Kronik” dalam surat kabar Solopos edisi Desember 2015 dan Januari 2016, dan(3) kesesuaian wacana rubrik Kronik sebagai bahan ajar teks berita pada Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan sumber data utama adalah rubrik “Kronik” dalam Solopos edisi bulan Desember 2015 sampai dengan Januari 2016. Karakteristik rubrik “Kronik” yaitu sederhana, baik sederhana dalam penggunaan bahasa, dan sederhana dalam berita yang disajikan. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis wacana sesuai dengan teks dan konteks.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rubrik “Kronik” dalam surat kabar harian Solopos menggunakan kohesi gramatikal yang tepat sehingga mampu membentuk sebuah wacana yang padu. Aspek gramatikal yang digunakan meliputi pengacuan (referensi), penyulihan (substitusi), dan perangkaian (konjungsi). Aspek leksikan yang digunakan meliputi repetisi (pengulangan), sinonimi (padan kata), kolokasi (sanding kata), hiponimi (hubungan atas-bawah), antonimi (lawan kata), dan ekuivalensi (kesepadanan). Wacana rubrik “Kronik” dalam Solopos memiliki relevansi sebagai bahan ajar pembelajaran teks berita pada Sekolah Menengah Pertama karena wacana ini disajikan dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan menampilkan berita yang ringan.
Kata kunci: aspek gramatikal, aspek leksikal, bahan ajar, teks berita

ABSTRACT
The purpose of this study was to describe (1) the aspect of grammatical rubric of "Kronik" newspaper Solopos edition in December 2015 and January 2016, (2) aspects of lexical rubric of "Kronik" newspaper Solopos edition in December 2015 and January 2016, and (3) the suitability as a teaching material rubric "Kronik" news text in Junior High Schools.
This study includes qualitative research with the main data source is the rubric of "Kronik" in Solopos edition in December 2015 to January 2016. “Kronik” rubric characteristics are simple, simple in language use, and simple in the news is presented. The sampling technique of this study is using purposive sampling. Data analysis technique used is the model of discourse analysis in accordance with the text dan context.
The results of this study indicate that the rubric of "Kronik" in a daily newspaper Solopos using proper grammatical cohesion so as to form a coherent discourse. Aspects grammatical used include this reference (reference), substitution (substitution), and the coupling (conjunction). Aspects of lexical used include reps (repetitions), synonyms (equivalent words), collocation (collocation), hyponymy (top-down relationship), antonyms (opposite words), and equivalence (equivalence). Discourse rubric "Kronik" in Solopos relevance as learning teaching materials text news on Junior High School because of this discourse is presented using simple language and show news lightly.
Keyword: grammatical Aspect, lexical aspects, teaching materials, news text

×
Penulis Utama : Anis Kurnia Miftahul Husna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212007
Tahun : 2016
Judul : Kajian Piranti Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada Rubrik “Kronik” dalam Surat Kabar Solopos dan Kesesuaian dengan Materi Teks Berita pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1212007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Purwadi, M.Pd.
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.