Penulis Utama : Tanthowi Jauhari
NIM / NIP : D0108104
×

ABSTRAK
Kadipiro merupakan kelurahan dengan alokasi dana pembangunan kelurahan yang paling besar. Musrenbang Kelurahan Kadipiro 2013 terdapat permasalahan diantaranya, belum mampu mengoptimalkan swadaya masyarakat, inkonsistensi antara perencanaan dan pelaksanaan program, dan pelaksanaan yang tidak selesai tepat waktu.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui hasil wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik analisis dilakukan secara kualitatif dengan wawancara.
Peneliti mencoba menganalisis peran dana pembangunan kelurahan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dalam pelaksanaan program dana pembangunan kelurahan di Kelurahan Kadipiro stakeholder terlibat antara lain ; PPK, LPMK, Kelurahan, BAPPEDA, DPPKA, Bagian Pemerintahan Umum dan Lembaga Kemasyarakatan. Peranan yang dilakukan oleh para stakeholders dalam pelaksanaan program dana pembangunan kelurahan di Kelurahan Kadipiro telah dijalankan sesuai kapasitas mereka masing-masing. Peranan yang mereka lakukan telah terwujud dalam program-program yang selama ini telah berjalan sehingga memunculkan kerjasama antar stakeholders yang didasarkan pada asas partisipatif dan pemenuhan hak dan kewajiban masing-masing stakeholder, akan tetapi tidak semua stakeholder menjalankan perannya dengan baik, dalam penelitian ini peran masyarakat tidak maksimal dikarenakan partisipasi masyarakat yang kurang dan cenderung apatis dalam program dana pembangunan kelurahan di Kelurahan Kadipiro
Kata Kunci : Stakeholder, Analisis Stakeholder, Peran, Dana Pembangunan Kelurahan
ABSTRACT
Kadipiro is a village with a greatest village development fund allocation. In 2013 Kadipiro Village Musrenbang there were such problems, has not been able to optimize empowerment, inconsistent between project planning and implementation, dan implementation is not completed on time.
This research is a qualitative descriptive study. Data were collected through in-depth interviews and documentation. The sampling technique used purposive sampling. The validity of the data using triangulation sources and analysis techniques is conducted qualitatively by interview.
Researchers tried to analyze the role of stakeholders in the village development fund. Based on the research that has been done, in the implementation of village development funds in Kadipiro Village the stakeholders is ; PPK, LPMK, Kelurahan, BAPPEDA, DPPKA, Bagian Pemerintahan Umum dan Lembaga Kemasyarakatan. The role performed by the stakeholders in the implementation of the village development fund in Kadipiro Village has been executed according to their respective capacities. The role that they do have materialized in programs that had been running which raises the cooperation among stakeholders based on the principle of participatory and fulfillment of the rights and responsibilities of each stakeholder, but not all stakeholders function well, in this study the role of society is not optimal due to the lack of community participation and tend to be apathetic in the village development fund programs in Kadipiro Village.
Keywords: Stakeholders, Stakeholder Analysis, Role, Village Development Fund

×
Penulis Utama : Tanthowi Jauhari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0108104
Tahun : 2016
Judul : Analisis Peran Stakeholder dalam Program Dana Pembangunan Kelurahan di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi-D0108104-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Nurharjadmo M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.