Penulis Utama : Thea Rizki Asa Perdana
NIM / NIP : E0012377
×

Abstrak
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahuifaktor-faktor pendukung keberhasilan dan penyebab kegagalan di masing-masing Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Surakarta serta untuk mengetahui alasan mengapa Pengadilan Negeri Surakarta memiliki tingkat keberhasilan yang lebih rendah dibandingkan  denganPengadilan Agama Surakarta pada pelaksanaan mediasi dalam perkara perceraian.
Penulisan ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari Hakim mediator di Pengadilan Agama Surakarta dan Pengadilan Negeri Surakarta. Data sekunder diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan, buku, jurnal, maupun hasil penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara dan studi dokumen atau bahan pustaka dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif .
Hasil penelitian dan pembahasan yaitu bahwa faktor-faktor yang menjadi mendukung keberhasilan mediasi dalam perkara perceraian di Pengadilan Agama Surakarta yaitu faktor agama, latarbelakang gugatan cerai, faktor anak dan faktor yang menjadi penyebab kegagalan adalah kurangnya mediator hakim dan itikad yang tidak baik para pihak. Faktor yang mendukung keberhasilan mediasi perceraian di Pengadilan Negeri Surakarta adalah dasar gugatan cerai dan faktor anak, serta faktor yang menyebabkan kegagalan adalahkarakteristik perkara perceraian yang berbeda dari perkara bisnis dan karena diperlukan kemampuan yang lebih bagi mediator hakim yaitu dengan menggunakan hati, itikad yang tidak baik para pihak, karakteristik etnis tionghoa, peran kuasa hukum, penumpukan perkara dan fasilitas ruang mediasi. Tingkat keberhasilan mediasi dalam perkara perceraian di Pengadilan Negeri Surakarta lebih sedikit dibandingkan dengan Pengadilan Agama Surakarta disebabkan oleh faktor yang menyebabkan kegagalan yang lebih banyak dibandingkan dengan Pengadilan Agama Surakarta yaitu adanya keberagaman agama suku dan ras, kemampuan mediator Pengadilan Negeri yang belum bisa membedakan perkara bisnis dan perceraian, keikutsertaan kuasa hukum serta fasilitas ruang mediasi yang kurang nyaman.
Kata Kunci : mediasi, perceraian, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri
Abstract
This research aims determine the enabling factors and causes of failure in each Religious Court and District Court and to investigate the reason why the district court of Surakarta has smaller success rate than the religious court of Surakarta.
This research is an empirical law and applied with descriptive method. Data used is primary data obtained directly from theReligious Court and District Court Judge in Surakarta. Secondary data were obtained from the materials library, books, journals, as well as the results of previous studies. The data collection technique is by interview and study documents or library materials and analyzed using qualitative analysis.
The results of research and discussion, namely the factors that support success of divorce case mediation in Religious Court of Surakarta  are the religious factor, the background of the divorce and child factors and the factors that cause failure is the lack of good faith mediator judge and the parties. While the factors that support successful divorce mediation in District Court of Surakarta are the basis for divorce and child factors, and the factors that cause failure factor is the characteristic of the divorce case itself, the bad faith of the parties, the Chinese ethnic characteristics, the role of legal counsel, stacking cases and mediation room facilities. The success rate of mediation in divorce cases in the District Court of Surakarta less than the Religious Courts Surakarta caused by factors which led to the failure of more than the Religious Courts Surakarta namely the existence of religious diversity tribes and races, abilities mediator of the District Court can not distinguish the case of business and divorce, the participation of legal counsel and mediation room facilities are less comfortable.
Key Words : mediation,  divorce, religious court, district court

×
Penulis Utama : Thea Rizki Asa Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012377
Tahun : 2016
Judul : Studi Komparasi Keberhasilan Proses Mediasi dalam Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Surakarta dan Pengadilan Negeri Surakarta dalam Kurun Waktu 2010-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0012377-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Harjono, S.H., M.H.
2. Zakki Adlhiyati, S.H.,M.H.,LL.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.