Penulis Utama : Khalisha Olva Aldisa
NIM / NIP : E0012216
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum yang dilakukan oleh hakim Pengadilan Negeri Surakarta dalam tindak pidana merek dan untuk mengetahui hambatan dalam penegakan hukum yang dilakukan oleh hakim Pengadilan Negeri Surakarta dalam tindak pidana merek.
Penelitian ini diambil dengan metode penelitian hukum empiris dengan sifat penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dan sumber data penelitian menggunakan data primer dengan melalui wawancara dan data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, buku, jurnal, karya ilmiah, artikel dan putusan hakim. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Simpulan dari penelitian ini ialah penegakan hukum yang dilakukan oleh hakim Pengadilan Negeri Surakarta dalam memutus perkara Nomor 79/Pid.Sus/2015/PN.Skt. telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2001 Tentang Merek, Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana, dan Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 Tentang Kekuasan Kehakiman. Hakim dalam menjatuhi putusan, mempertimbangkan faktor yang meringankan dari terdakwa. Sedangkan Hakim Pengadilan Negeri Surakarta dalam melakukan penegakan hukum di bidang merek sama sekali tidak mengalami hambatan. Sebab persidangan berjalan dengan lancar dan selesai tepat pada waktunya.
Kata kunci : penegakan hukum,tindak pidana, pemalsuan merek.
ABSTRACT
Research aims to determine the law enforcement conducted by the judge of Surakarta District Court in a criminal act of trademark and to determine the problems in the enforcement of law by the judge of Surakarta District Court in a criminal act of trademark.
Research use by the method of empirical law research with a descriptive kind of the research. In this research also used a qualitative approach by type and the source of research data used primary data through interviews and secondary data such as laws and regulations, books, journals, scientific papers, articles and the the judge's verdict. Meanwhile data analysis techniques in this research used qualitative data analysis techniques.
Conclusions from the research are law enforcement conducted by the judge of Surakarta District Court in decide upon the case Number 79/Pid.Sus/2015/PN.Skt. in accordance with Law Number 15 year of 2001 About Trademarks, Criminal Procedure Code, and Law Number 48 Year of 2009 Concerning on Judicial Authority. The judge in any sentencing, considering the mitigating factors of the defendant. Whereas the judge of Surakarta District Court in enforcing the law and regulations of trademark did encounter not barriers. Because the trial went well and completed on time.
Keywords: law enforcement, criminal act, counterfeit the trademark.

×
Penulis Utama : Khalisha Olva Aldisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012216
Tahun : 2016
Judul : Penegakan Hukum oleh Hakim di Pengadilan Negeri Surakarta terhadap Pelaku Tindak Pidana Pemalsuan Merek Celana Cardinal (Studi Putusan Nomor 79/Pid.Sus/2015/PN.Skt.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0012216-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rofikah,S.H.,M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.