Penulis Utama : Rifqi Wardianti
NIM / NIP : C0208074
×

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1)Bagaimana permasalahan yang ingindisampaikanpengarangmelaluisimbolbenda, yang meliputipenggambaranpembacaan heuristikdanhermeneutik, hipogramsertamatrikspadakumpulanpuisiCelanaPacarKecilku di BawahKibaranSarungkaryaJokoPinurbo? (2) Bagaimanamaknatanda-tanda yang tercermin dalamkumpulanpuisiCelanaPacarKecilku diBawahKibaranSarungkaryaJokoPinurbo?dan (3) Bagaimanapesan yang terkandungdalamsimbolbendapadatekskumpulanpuisiCelanaPacarKecilku di BawahKibaranSarungkaryaJokoPinurbo?.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan permasalahan yang pengaranginginsampaikanlewatsimbolbendamelaluipembacaanheuristikdanhermeneutik,hipogram, sertamatrikpadakumpulanpuisiCelanaPacarKecilku diBawahKibaranSarungkaryaJokoPinurbo. (2) Mendeskripsikanmaknatanda-tanda, yang tercerminpadakumpulan pada kumpulan puisi Celana Pacar Kecilku di Bawah Kibaran Sarung karya Joko Pinurbo. (3) Mendeskripsikanpesan yang terkandungdalamsimbolbendapadakumpulanpuisiCelanaPacarKecilku diBawahKibaranSarungkaryaJokoPinurbo.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima puisi yang terdapat dalam buku kumpulan puisi karya Joko Pinurbo yang berjudul Celana Pacar Kecilku di Bawah Kibaran Sarung, buku tersebut diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta pada tahun 2007. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah riset pustaka. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik: (1) Reduksi data, diartikan sebagai proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan, dan tranformasi data “kasar” yang muncul dari catatan-catatan tertulis di lapangan. (2) Penyajian data, yang memberi kemingkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi, dalam tahap ini digunakan teknik penarikan kesimpulan induktif, yaitu teknik penarikan kesimpulan yang melihat permasalahan dari data yang bersifat khusus untuk memperoleh kesimpulan yang bersifat umum.
Dari hasil analisis diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) Penggambaran permasalahan yang membangun kelima objek puisi yakni melalui pembacaan heuristik, hermeneutik, serta hipogram serta matrik adalah kekecewaan terhadap pemerintahan di Indonesia, meliputi pendidikan, pemanfaatan sumberdaya alam, serta hak asasi manusia. (2) Makna simbolisme benda pada puisi karya Joko Pinurbo yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah ungkapan kekecewaan, amarah, keputusasaan, serta kepedulian. Hal-hal barusan dilambangkan melalui Celana pada puisi Celana 2, Bayi dan Kulkas pada puisi Bayi di Dalam Kulkas, Gunting pada puisi Tukang Cukur, Sendang dan Wajah Bulan pada puisi Bulu Matamu: Padang Ilalang serta Bayi dan Kamar Mandi pada puisi Bayi Mungil di Kamar Mandi.
Kata Kunci : Simbolisasi benda, puisi, Semiotik Riffaterre.

×
Penulis Utama : Rifqi Wardianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0208074
Tahun : 2015
Judul : Simbolisasi Benda dalam Kumpulan Puisi Celana Pacar Kecilku di Bawah Kibaran Sarung Karya Joko Pinurbo: Pendekatan Semiotik Riffaterre
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Indonesia-C0208074-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Albertus Prasojo, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.