Penulis Utama : Alfania Dita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0110005
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Regulasi Diri dan Budaya Organisasi dengan Komitmen Afektif pada Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Administrasi Jakarta Pusat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prodi Psikologi-G0110005-2016
Subyek : BUDAYA ORGANISASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Purna Paskibraka Indonesia Kota Administrasi Jakarta Pusat atau yang lebih dikenal dengan sebutan PPI Jakarta Pusat adalah sebuah organisasi kepemudaan yang berperan sebagai wadah untuk pembinaan pemuda dengan masa aktif wajib awal selama 2 tahun bagi anggota baru. Akan tetapi, dalam masa tersebut hanya tersisa tidak sampai setengah dari total anggota awal yang aktif dalam kegiatan organisasi. Tingkat kehadiran dan keaktifan merupakan salah satu indikasi yang menunjukkan tingkat komitmen seseorang terhadap organisasinya, salah satunya dalam hal afektif. Komitmen afektif dalam berorganisasi dapat dipengaruhi oleh regulasi diri anggota dan budaya organisasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara regulasi diri dan budaya organisasi dengan komitmen afektif; 2) hubungan antara regulasi diri dengan komitmen afektif; 3) hubungan antara budaya organisasi dengan komitmen afektif pada Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Administrasi Jakarta Pusat.
Penelitian ini menggunakan populasi anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Administrasi Jakarta Pusat angkatan 2013 dan 2014. Penelitian ini menggunakan sampling insidental dengan total sampel 54 anggota dari total populasi yang berjumlah 120 anggota. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala komitmen afektif yang terdiri dari 23 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,922, skala regulasi diri yang terdiri dari 30 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,897, dan skala budaya organisasi yang terdiri dari 30 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,832.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai Fhitung = 16,119 > Ftabel = 3,179 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan R 0,622 yang berarti terdapat hubungan antara regulasi diri dan budaya organisasi dengan komitmen afektif. Nilai korelasi sebesar 0,413 dan signifikansi 0,002 (p < 0,05) menunjukkan bahwa secara parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dengan komitmen afektif. Nilai korelasi parsial sebesar 0,305 dan signifikansi 0,026 (p < 0,05) menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara budaya organisasi dengan komitmen afektif secara parsial. Nilai R2(R Square) sebesar 0,387 menunjukkan sumbangan efektif regulasi diri dan budaya organisasi secara serentak terhadap komitmen afektif sebesar 38,7%. Sumbangan relatif regulasi terhadap komitmen afektif sebesar 61,29% dan sumbangan relatif budaya organisasi terhadap komitmen afektif sebesar38,71%.

Kata Kunci: Komitmen Afektif, Regulasi Diri, Budaya Organisasi, Purna Paskibraka Indonesia, PPI.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
bab1.pdf
bab2.pdf
bab3.pdf
bab4.pdf
bab5.pdf
alfania.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Salmah Lilik, M.Si., Psikolog.
2. Pratista Arya Satwika, S.Psi., M.Psi., Psikolog.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran