Penulis Utama : Pradhita Nugraheni Susilowati
NIM / NIP : K3111047
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi buzz group untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kedungwui tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen (quasi-eksperimen design) dengan rancangan non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK N 1 Kedungwuni yang memiliki perilaku prososial rendah. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket perilaku prososial dan observasi. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik dengan uji Mann-Whitney U dan Wilcoxon menggunakan bantuan SPSS versi 20.

Hasil analisis diketahui bahwa Z hitung adalah -4,322 dengan nilai signifikansi 0,00. Nilai signifikansi <0,05, hal tersebut menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi buzz group sebagai treatment efektif untuk meningkatkan perilaku prososial siswa.

Kata Kunci: Bimbingan kelompok, buzz group, perilaku prososial

×
Penulis Utama : Pradhita Nugraheni Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3111047
Tahun : 2016
Judul : Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Buzz Group untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas XI SMK N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3111047-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tuti Harjdajani, M.Si
2. Drs. Mudaris Muslim, P.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.