Penulis Utama : Ayudhia Harumi Pawestri
NIM / NIP : D1213018
×

ABSTRAK

Keberhasilan suatu perusahaan tidak lepas dari tata pengelolaan perusahaan (Good Corporate Governance) yang baik didalamnya. Good Corporate Governance menjadi sebuah konsep sistem yang mampu membawa pengaruh positif pada perkembangan perusahaan. Dalam mengimplementasikan konsep tersebut terdapat prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang menjadi pedoman penerapan, yaitu prinsip transparansi, prinsip akuntabilitas, prinsip responsibilitas, prinsip independensi, dan prinsip fairness. Penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada PT Ritra Konnas Freight Centre tercermin dalam aktivitas komunikasi dalam organisasi tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi organisasi yang dilakukan oleh PT Ritra Konnas Freight Centre dalam membentuk Good Corporate Governance. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu peneliti mendeskripsikan aktivitas komunikasi organisasi pada PT Ritra Konnas Freight Centre dalam membentuk Good Corporate Governance berdasarkan fakta dan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tinjauan pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Ritra Konnas Freight Centre telah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dengan melakukan aktivitas komunikasi dalam organisasi. Perusahaan selalu berusaha semaksimal mungkin memenuhi segala kepentingan stakeholders. Hal tersebut dilakukan denan menjalin dan menjaga komunikasi, baik internal ataupun eksternal, sesuai dengan pedoman prinsip Good Corporate Governance.
Kesimpulan dari penelitian ini secara umum adalah, aktivitas komunikasi organisasi yang dilakukan di PT Ritra Konnas Freight Centre sudah sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance. Di lain sisi, penerapan tersebut belum sepenuhnya sempurna, karena masih terdapat kekurangan dalam beberapa aspek komunikasi organisasi seperti evaluasi kepuasan pada pelanggan dan tidak adanya rapat bulanan untuk pihak internal.
Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Good Corporate Governance, Aktivitas
Komunikasi

 

×
Penulis Utama : Ayudhia Harumi Pawestri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213018
Tahun : 2016
Judul : Aktivitas Komunikasi Organisasi dalam Membentuk Good Corporate Governance (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Komunikasi Organisasi dalam Membentuk Good Corporate Governance di PT Ritra Konnas Freight Centre Jakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1213018-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.