Penulis Utama : David Prima Rikardo
NIM / NIP : K7112511
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kelas kolaboratif ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media grafis dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2015/2016; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2015/2016 melalui model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media grafis; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media grafis dalam peningkatan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanjungrejo yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media grafis dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pembagian kelompok dan penomoran siswa; (b) penampaian materi menggunakan media grafis; (c) pemberian tugas kepada masing-masing kelompok; (d) diskusi kelompok; (e) pemanggilan nomor siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi; (f) kesimpulan menggunakan media grafis; (2) penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2015/2016 dibuktikan dengan penilaian proses pembelajaran IPS pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 56,31% meningkat pada siklus II menjadi 77,11% dan 95,24 pada siklus III. Selanjutnya peningkatan hasil belajar IPS siswa pada siklus I 56,31% meningkat pada siklus II menjadi 77,11% dan 95,24% pada siklus III; dan (3) kendala dalam penelitian ini adalah pada langkah kedua masih ada siswa yang malu ketika bertanya jawab, pada langkah keempat tidak semua anggota nomor dipanggil oleh guru, pada langkah keenam ada beberapa siswa tidak mencatat hasil kesimpulan. Solusi yang dilakukan yaitu memanggil nomor siswa secara acak, nomor dari kelompok lain memberikan tanggapan, memotivasi siswa agar selalu berani dan percaya diri dalam bertanya jawab, guru mengingatkan siswa untuk selalu mencatat hasil kesimpulan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model
vii
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan mempersiapkan kemerdekaan pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Numbered Heads Together (NHT), Media Grafis, Pembelajaran IPS

×
Penulis Utama : David Prima Rikardo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112511
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan pada Siswa Kelas V SDN Tanjungrejo Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7112511-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suripto, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.