Penulis Utama : Ismi Pramesti
NIM / NIP : K1212038
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen menggunakan metode TGT (Team Games Tournament) dengan media audio pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dan (2) meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen menggunakan metode TGT (Team Games Tournament) dengan media audio pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan subjek siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 40 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen yang termasuk dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan tes atau pemberian tugas. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus meliputi empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap observasi, tahap analisis, dan tahap refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen baik kualitas proses maupun hasil. Peningkatan kualitas proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatkanya keaktifan siswa pada siklus I dengan nilai rerata sebesar 18,22 dan nilai rerata pada siklus II sebesar 23,6 dengan nilai rerata maksimal sebesar 30. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa, yaitu nilai rerata pada siklus I sebesar 73,25  dan nilai rerata pada siklus II sebesar 83,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode TGT (Teams Game Tournament) dengan media audio efektif diterapkan dalam pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen.

 

Kata Kunci: TGT (Teams Game Tournament), media audio, unsur intrinsi

                      cerpen

×
Penulis Utama : Ismi Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212038
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Metode TGT (Teams Game Tournament) dengan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiah 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K12120382-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Amir Fuady, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.