Penulis Utama : Listya Buana Putra
NIM / NIP : K1212043
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perencanaan pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; (3) penilaian pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; (4) kendala yang dijumpai dalam proses pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; (5) penyebab dari kendala yang dijumpai dalam proses pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; dan (6) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dijumpai dalam proses pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Penelitian ini memotret dan mengamati secara saksama pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil, kendala yang dijumpai, penyebab, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 3 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, analisis data, dan angket. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi metode, dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi tentang: (1) perencanaan pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; (3) penilaian pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi; (4) kendala yang dijumpai dalam proses pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi. Kendala guru meliputi (a) terbatasnya waktu pembelajaran; (b) kesulitan menentukan referensi yang dipakai; (c) kesulitan menerapkan kriteria kelengkapan di dalam teks biografi; (d) kesulitan di dalam melakukan penilaian sikap. Kendala siswa meliputi (a) kurang berminat dengan materi; (b) kurangnya perhatian; (c) adanya salah konsep; (d); kesulitan menyusun teks; (e) kesulitan menerapkan kaidah EYD; (f) kesulitan menggali informasi; (g) kesulitan melakukan kerja sama.; (5) penyebab dari kendala menulis teks cerita ulang biografi; (6) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala guru: (a) memodifikasi pembelajaran dengan model outing class; (b) meringkas materi pembelajaran; (c) menilai tulisan siswa berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan; (d) mengoptimalkan fungsi team teaching; Solusi kendala siswa (a) memberikan contoh-contoh teks biografi dari sumber online; (b) menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi; (c) mempersilakan siswa bertanya; (d) mengajarkan siswa cara menyusun teks sesuai konsep; (e) siswa perlu mempelajari EYD; (f) siswa menyiapkan daftar pertanyaan wawancara; (g) guru mengatur pembagian kelompok secara adil.

Kata Kunci: implementasi Kurikulum 2013, pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi, kelas XI SMA perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id
commit to user

×
Penulis Utama : Listya Buana Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212043
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Menulis Teks Cerita Ulang Biografi (Studi Kasus Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1212043-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.