Penulis Utama : Muhammad Dody Hermawan
NIM / NIP : S861408027
×

ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> User 14.00 </xml><![endif]-->

Dalam pembelajaran sejarah, kebanyakan siswa tidak memahami secara sungguh-sungguh makna dari materi pembelajaran sejarah yang sedang dipelajari. Sehingga siswa tidak dapat mengembangkan pemikirannya secara kritis saat menemui suatu kasus atau peristiwa. Diduga model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) serta Motivasi Belajar dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.

Tujuan penelitian ini yaitu (1) menemukan perbedaan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. (2) menemukan perbedaan  pengaruh  motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. (3) menemukan interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMA Negeri Kota Martapura Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimental. Desain penelitian pada penelitian ini adalah desain faktorial 2 X 2. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik angket motivasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik Uji Anava dua jalan.

Hasil penelitian yang di dapat yaitu (1) terdapat perbedaan pengaruh positif antara Model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis  siswa, dilihat dari Fhitung > Ftabel, atau 18,843 > 3,14. (2) Terdapat perbedaan pengaruh positif motivasi siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah, hal ini dapat dilihat dari Fhitung > Ftabel, atau 29,183 > 3,14. (3) Tidak Terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung < Ftabel, atau 1,092 < 3,14.

 

Kata kunci: Model PBL dan GI, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE AR-SA </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style>

×
Penulis Utama : Muhammad Dody Hermawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861408027
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-S861408027-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M. Pd
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.