Penulis Utama : Mochamad Noeryoko
NIM / NIP : S861408032
×

ABSTRAK

Dalampenelitianinidirumuskanpermasalahansebagaiberikut : 1. Bagiamana identifikasi nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara ?, 2. Bagaimana integrasi nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara pada perencanaan pembelajaran sejarah Indonesia masa pergerakan dan kotemporer di STKIP Taman Siswa Bima?, 3. Bagaimana integrasi nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara  pada pembelajaran Sejarah Indonesia masa pergerakan dan kotemporer di STKIP  Taman Siswa Bima?, 4. Bagaimana evaluasi dan hasil integrasi nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara  pada  pembelajaran Sejarah Indonesia masa pergerakan dan kotemporer di STKIP  Taman Siswa Bima?, 5. Apa kendala integrasi nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara  pada pembelajaran Sejarah Indonesia masa pergerakan dan kotemporer di STKIP  Taman Siswa Bima?

Jenis penelitian kualitatif ini adalah mengangkatmasalahnilaikepemimpinan di STKIP Taman SiswaKabupatenBima yang merupakanSekolahTinggiIlmuPendidikan yang berbasisnilaikearifan Ki HajarDewantara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancaradengandosen, siswa,danpemilik STKIP, maupundenganmengumpulkanarsipdokumenterkaitnilai-nilaitrilogi Ki HajarDewantara.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Identifikasi Nilai-Nilai Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, yaitu seorang pemimpin yang layak diteladani harus mempunyai nilai moralitas, kecerdasan dan kemampuan mengorganisir, (2) Persepsi dosen tentang nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, yaitu sebagai kampus yang mendidik calon guru sangat cocok menjadi kader-kader kepemimpinan masa depan, (3) Integrasi nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dalam Sejarah Indonesia masa pergerakan dan sejarah Indonesia kontemporer di STKIP Taman Siswa Bima, yaitu kesadaran sejarah, nasionalisme, patriotisme, wawasan humaniora, (4) Integrasi nilai-nilai trilog kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Dan Sejarah Indonesia Kontemporer di STKIP Taman Siswa Bima, yaitu mengorganisasikan kegiatan belajarnya sendiri dan menumbulkan umpan balik bagi dirinya untuk membuat respons yang benar, (5) Evaluasi integrasi nilai-nilai trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara di STKIP Taman Siswa Bima, yaitu menghubungkan materi sejarah dengan permasalahan sosial kontemporer yang dihadapi mahasiswa dapat pula dijembatani melalui teknik bertanya kritis, (6) Hambatan pada pembelajaran sejarah Indonesia masa pergerakan dan sejarah indonesia kotemporer di STKIP Taman Siswa Bima adalah waktu belajar efektif bertepatan dengan membantu orang tua karena itu satu-satunya sumber pendapatan di Bima, dan berdampak pada pembelajaran mereka kurang konsentrasi belajar.

 

Kata Kunci:Integrasi, Nilai-NilaiKepemimpinan Ki HajarDewantara, Sejarah Indonesia.

×
Penulis Utama : Mochamad Noeryoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861408032
Tahun : 2016
Judul : Integrasi Nilai-Nilai“Trilogi”Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Pergerakan dan Kontemporer di STKIP Taman Siswa Bima
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-S861408032-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd.
2. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.