Penulis Utama : Muhammad Nafis Zhafran
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0112065
Tahun : 2016
Judul : Hubungan antara Iklim Organisasi dan Etos Kerja dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 8 Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - FK - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FK Jur. Psikologi-G0112065-2016
Subyek : KEPUASAN KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kepuasan kerja merupakan sikap karyawan dalam menghadapi pekerjaan yang menyebabkan karyawan menyenangi pekerjaan tersebut. Perusahaan perlu memerhatikan kepuasan kerja karena dapat memberikan manfaat bagi kepentingan individu dan perusahaan. Kepuasan kerja pada karyawan dipengaruhi oleh berbagai variabel, di antaranya yaitu iklim organisasi dan etos kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim organisasi dan etos kerja dengan kepuasan kerja, hubungan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja, dan hubungan antara etos kerja dengan kepuasan kerja pada karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya.

Populasi dalam penelitian ini merupakan karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya yang berjumlah 228 orang. Sampling yang digunakan adalah cluster sampling dengan jumlah sampel 70 orang karyawan. Instrumen yang digunakan adalah skala kepuasan kerja, skala iklim organisasi, dan skala etos kerja.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan nilai Fhitung sebesar 10,179 ( > Ftabel 3,13) dengan sig. 0,000 (p<0,05), dan nilai R = 0,483, Nilai R2 dalam penelitian ini sebesar 0,233 atau 23,3%, dimana sumbangan efektif iklim organisasi sebesar 18% dan sumbangan efektif etos kerja 5,3%. Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja; namun tidak terdapat hubungan antara etos kerja dengan kepuasan kerja.

Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara iklim organisasi dan etos kerja dengan kepuasan kerja, terdapat hubungan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja, dan tidak terdapat hubungan antara etos kerja dengan kepuasan kerja pada karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 8 Surabaya.

 

Kata Kunci: kepuasan kerja, iklim organisasi, etos kerja

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc2.pdf
cover.pdf
bab I.pdf
bab II.pdf
bab III.pdf
bab IV.pdf
bab V.pdf
referensi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aditya Nanda Priyatama, S. Psi., M. Si.
2. Pratista Arya Satwika, S. Psi., M. Psi., Psi.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran