Penulis Utama : Novita Prascilia
NIM / NIP : D0111065
×

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini berawal dari munculnya pencemaran air sungai Bengawan Solo yang disebabkan oleh pembuangan air limbah rumah tangga tanpa adanya pengolahan air limbah, melihat permasalahan ini maka PDAM melakukan pengolahan air limbah rumah tangga dengan sistem tertutup di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kota Surakarta di Semanggi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan implementasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) rumah tangga Kota Surakarta di Semanggi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, dokumen dan arsip, dan gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisi model interaktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sumber daya manusia dalam setiap proses perlu ditingkatkan dengan diadakannya pelatihan, komunikasi yang terjalin didalamnya berjalan cukup baik, pelaksanaan implementasi berjalan sesuai dengan prosedur kerja, dan tingkat kemiringan tanah menjadi permasalahan dalam implementasinya.
Kata Kunci: Implementasi, Pengolahan, Air Limbah, Sistem Terpusat

×
Penulis Utama : Novita Prascilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111065
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor : 3 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Cair (Studi Tentang Instalasi Pengolahan Air Limbah Kota Surakarta di Semanggi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Administrasi-D0111065-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharsono, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.