Penulis Utama : Sulistiyoningsih
NIM / NIP : K4410058
×

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang Paku Buwono X menulis Serat Husada, (2) isi Serat Husada, (3) implementasi Serat Husada dalam lingkungan keraton, (4) implementasi Serat Husada sebagai pengembangan materi ajar Sejarah Indonesia Madya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan strategi studi kasus terpancang tunggal. Sumber data yang digunakan adalah sumber benda, tempat, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Teknik keabsahan datanya menggunakan teknik trianggulasi. Teknik trainggulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap suatu data. Penelitian ini menggunakan dua teknik trianggulasi yaitu trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak di antara tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan: (1) latar belakang penulisan Serat Husada adalah keinginan Paku Buwono untuk melesatarikan warisan leluhur yang sudah ada sejak zaman dahulu dalam bidang pengobatan tradisional,bahwa di wilayah Keraton Surakarta banyak ditemukan karya sastra yang berbentuk serat, salah satunya adalah Serat Husada yang berisikan resep-resep tradisional (2) Serat Husada berisi mengenai berbagai macam resep/racikan obat tradisional yang banyak ditemukan dalam tembang Gambu dan Pocung dan berbagai macam racikan jamu tradisional, (3) Implementasi Serat Husada dalam lingkungan keraton Surakarta adalah digunakannya resep-resep dalam Serat Husada sebagai pelengkap upacara tradisi Jawa, yakni Upacara Tetesan dan Terapan, (4) Implementasi Serat Husada dalam pengembangan materi ajar Sejarah Indonesia Madya dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan adalah digunakan dalam pengembangan materi yang berkaitan dengan sastra Islam saat perkembangan agama Islam di Kerajaan Mataram.
Kata kunci: Keraton Surakarta, Pengobatan Tradisional dan Pembelajaran Sejarah

 

×
Penulis Utama : Sulistiyoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4410058
Tahun : 22
Judul : Kajian Kritis Serat Husada Paku Buwono X 1893-1939 sebagai Pengembangan Materi Ajar Sejarah Indonesia Madya
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 22
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4410058-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M. Pd.
2. Dra. Sri Wahyuni, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.