Penulis Utama : Syivaa Urrohman
NIM / NIP : K7112244
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah:(1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan modelvisualization, auditory, kinesthetic (VAK)denganmultimediadalam peningkatan keterampilan menyimak cerita pada siswakelas V SD Negeri 1 Kalijirek tahun ajaran 2015/2016; (2) meningkatkan keterampilan menyimak cerita kelas V SD Negeri 1 Kalijirek tahun ajaran 2015/2016 dengan menerapkan model visualization, auditory, kinesthetic (VAK)denganmultimedia; serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model VAK dengan multimedia.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus yang terdiri atas 2 pertemuan. Pada tiap pertemuan menggunakan prosedur penelitian model VAK dengan multimedia yang terdiri atas tahap  persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan hasil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kalijirek. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber dan data. Analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan modelvisualization, auditory, kinesthetic (VAK)denganmultimediadalam peningkatan keterampilan menyimak cerita  pada siswakelas V SD Negeri 1 Kalijirek tahun ajaran 2015/2016 yaitu: (a) tahap persiapan: menyiapkan pembelajaran dan media; (b) tahap penyampaian: menyampaikan materi pelajaran menggunakan media yang ditentukan; (c) tahap pelatihan: berlatih untuk mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan; serta (d) tahap penampilan hasil: menerapkan pengetahuan maupun keterampilan  yang mereka dapatkan; (2) penerapan model VAK dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 1 Kalijirek tahun ajaran 2015/2016; (3) kendala pelaksanaan ini yaitu persiapan multimedia cukup lama, kurang efektifnya waktu pembelajaran, permainan peran tidak melibatkan semua siswa, serta siswa gaduh saat berlatih maupun bermain peran; sedangkan solusi yang diterapkan yaitu menyiapkan media sebelum pembelajaran, menyesuaikan tahap pembelajaran dengan durasi yang dibutuhkan, membuat naskah cerita yang melibatkan semua siswa, serta mengingatkan siswa untuk tertib.

Simpulan penelitian ini adalah keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Negeri 1 Kalijirek tahun ajaran 2015/2016 mengalami peningkatan setelah diterapkannya model VAK dengan multimedia. Jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥ 70 pada siklus I sebanyak 40%, siklus II sebanyak 87,5%, dan siklus III sebanyak 100%.

 

Kata kunci: model VAK, multimedia, keterampilan menyimak cerita.

×
Penulis Utama : Syivaa Urrohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112244
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Modelvisualization, Auditory, Kinesthetic(VAK) dengan multimedia dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalijirek Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7112244-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.