Penulis Utama : Verry Gunawan Sohan
NIM / NIP : S501202072
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Infark miokard akut merupakan suatu nekrosis miokard terkait dengan iskemia miokard akut dimana insidennya semakin lama semakin meningkat. Penatalaksanaan yang tepat dari infark miokard akut sangat penting didalam menentukan keberhasilan terapi dan juga mencegah komplikasi yang lebih lanjut akibat infark miokard akut. Captopril sangat penting didalam penatalaksanaan infark miokard akut untuk menghambat sistem renin angiotensin aldosteron dimana diketahui bahwa aldosteron dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya gagal jantung dan meningkatkan angka kematian sekitar 10 kali lipat dibandingkan pasien infark miokard akut tanpa gagal jantung. Pemberian captopril harus dengan peningkatan dosis secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang optimal, namun belum ada aturan baku seberapa cepat peningkatan dosis captopril harus dinaikkan untuk mendapatkan efek yang lebih optimal terutama didalam menekan kadar aldosteron plasma
Tujuan : Untuk menguji efek peningkatan titrasi cepat captopril dalam 3 hari pertama perawatan pasien infark miokard akut pada kadar aldosteron plasma dibandingkan dengan dengan peningkatan titrasi standar captopril
Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Randomized Controlled Trial (RCT). 28 pasien Infark Miokard Akut pada Intensive Cardiovascular Care Unit (ICVCU) dan bangsal Jantung dan Pembuluh Darah di RSUD Dr. Moewardi Surakarta secara berurutan dilibatkan sebagai subjek penelitian kemudian secara acak dibagi menjadi kelompok kontrol yang mendapat captopril peningkatan titrasi standar dan kelompok perlakuan yang mendapat captopril peningkatan titrasi cepat. Plasma darah diambil pada hari pertama sebelum pemberian captopril dan pada hari terakhir perawatan. Kadar Aldosteron plasma diuji secara ELISA. Dilakukan uji Independent t-test untuk data yang lulus uji normalitas dan uji mann whitney bila tidak lulus uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov. Dianggap bermakna secara statistik bila nilai p < 0.05.
Hasil : Penurunan kadar aldosteron plasma pada kelompok perlakuan lebih rendah dibandingkan dengan penurunan kadar aldosteron plasma pada kelompok kontrol (1133,54 ± 748,81 pg/dl vs 512,16 ± 444,81 pg/dl; p = 0,013 )
Kesimpulan : Pemberian captopril dengan peningkatan titrasi cepat dapat menurunkan kadar aldosteron plasma lebih baik dibandingkan peningkatan titrasi standar captopril pada pasien infark miokard akut.
Kata kunci : Infark miokard akut, aldosteron plasma, captopril, peningkatan titrasi captopril.

×
Penulis Utama : Verry Gunawan Sohan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501202072
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Peningkatan Titrasi Cepat Captopril Terhadap Kadar Aldosteron Plasma pada Pasien Infark Miokard Akut
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Jur. Kedokteran Keluarga-S501202072-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Niniek Purwaningtyas, dr., SpJP(K), FIHA.
2. Ari Natalia Probandari, dr., MPH., PhD.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.