Penulis Utama : Wahyu Joko Purnomo
NIM / NIP : K8411071
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar dalam pembelajaran yang digunakan peserta didik menyontek dan cara-cara yang dipakai untuk memanfaatkannya. Penelitian ini dilakukan di SMA N 8 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan kunci yang terdiri dari 2 peserta didik laki-laki dan 2 peserta didik perempuan yang terkenal sebagai pimpinan menyontek dikelas. Sedangkan informan pendukung terdiri dari ketua kelas dan 1 peserta didik, 1 guru sosiologi dan 2 guru matematika, serta penjaga fotokopi. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan informan dengan cara purposive. Dalam melakukan uji validitas data, yang dilakukan yaitu dengan metode cara pengumpulan data yang berbeda dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil yang didapatkan sebagai berikut: (1) sumber belajar yang digunakan untuk menyontek adalah (a) LKS, dan (b) HP. (2) cara yang digunakan peserta didik dengan memanfaatkan sumber belajar pembelajaran yaitu (a) LKS difotokopi diperkecil, dan (b) browsing lewat internet. Pemilihan LKS dan HP sebagai sumber menyontek merupakan suatu proses habitus dan arena yang ditempati oleh peserta didik. Habitus yang secara singkat diartikan sebagai proses internalisasi dan eksternalisasi memberikan satu pembelajaran kepada peserta didik untuk melakukan pilihan menyontek dengan strategi pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran sebagai modal dalam menghadapi ujian.

Kata kunci : Praktik, Menyontek, Sumber Belajar dalam Pembelajaran

×
Penulis Utama : Wahyu Joko Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411071
Tahun : 2016
Judul : Kontradiksi Sumber Belajar dalam Pembelajaran (Kajian Fenomenologis Praktik Menyontek Peserta Didik SMA N 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016).
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8411071-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati, S.Sos, M.A
2. Dra. Siti Rochani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.