Penulis Utama : Amanda Pati Kawa
NIM / NIP : E0010022
×

ABSTRAK

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihambatan mengenai pelaksanaan putusan arbitrase di Indonesia dan alasan putusan arbitrase tidak mempunyai kekuatan eksekutorial secara langsung.

Penelitianinimerupakanpenelitianhukumempirisbersifatdeskriptif analitis.Pendekatanpenelitianmenggunakanpendekatankualitatif. Jenis datahukum yang digunakanadalahdata primer dandatasekunder.Teknikpengumpulanbahanhukum yang digunakanadalahmelaluiwawancara dan studi kepustakaan.Analisisbahanhukumberupa melakukan kajian atau telaah terhadap hasil pengolahan data yang dibantu dengan teori-teori yang telah didapatkan sebelumnya. Analisis dimaksudkan sebagai suatu penjelasan dan interpretasi secara logis, sistematis, dan konsisten.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahambatan mengenai pelaksanaan putusan arbitrase dibagi menjadi 2 (dua) yaitu hambatan pelaksanaan putusan arbitrase asing dan hambatan pelaksanaan putusan arbitrase nasional. Hambatan pelaksanaan putusan arbitrase asing ada pada persepsi Hakim di Pengadilan sehingga Hakim di Pengadilan menolak putusan arbitrase, sedangkan untuk pelaksanaan putusan arbitrase nasional terletak pada para pihak dan arbiter yang tidak memenuhi syarat sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa yang mengakibatkan pembatalan putusan arbitrase oleh Hakim di Pengadilan. Adapun yang menyebabkanputusanarbitrase tidak mempunyaikekuataneksekutorialsecara langsung dikarenakansalahsatupihakterutama pihak yang kalah karena mendaftarkan putusan arbitrase yang telah termuat klausul arbitrase ke Pengadilan dantidakadanyaiktikadbaikdari Hakim di PengadilanNegeri untuk menolak mengadili putusan arbitrase yang telah termuat klausul arbitrase.

                                                    

 

Kata Kunci: Problematika Hukum, Arbitrase, Kekuatan Eksekutorial.

×
Penulis Utama : Amanda Pati Kawa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0010022
Tahun : 2016
Judul : Problematika Hukum Kekuatan Eksekutorial Putusan Arbitrase
Edisi :
Imprint : Surakarta - FH - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-FH Jur. Ilmu Hukum-E0010022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistyono., S.H.
2. M.H. Dr. Pujiyono., S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.