Penulis Utama : Ardikaagungprihantoro
NIM / NIP : K2310014
×

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa melalui penerapan Metode Hypnoteaching dengan Pendekatan Kontekstual pada  Materi Suhu dan Pengukuran di kelas VII B SMP Bhinneka Karya Boyolali.

Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 22 siswa dari kelas VII B SMP Bhinneka Karya Boyolali  tahun  pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data melalui tes tertulis, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik triangulasi digunakan untuk validasi data, dan deskriptif kualitatif digunakan untuk analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Hypnoteaching dengan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar dan kognitif siswa. Peningkatan skor rata-rata motivasi belajar siswa di dalam pembelajaran, dari 56% pada Pra Siklus, menjadi 63% di siklus I dan 77% di siklus II. Peningkatan kemampuan kognitif siswa pada Materi Suhu dan Pengukuran kelas VII B SMP Bhinneka Karya Boyolali  tahun  pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata kemampuan kognitif  siswa yaitu: 65,45  pada Pra Siklus, menjadi 74,77 di siklus I, dan 75,68 di siklus II. Hasil ini telah memenuhi batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMP Bhinneka Karya Boyolali yaitu 75.

Simpulan penelitian adalah penerapan Metode Hypnoteaching dengan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan kognitif siswa pada Materi Suhu dan Pengukuran kelas VII B SMP Bhinneka Karya Boyolali  tahun  pelajaran 2015/2016.

Kata kunci: hypnoteaching,  pendekatan kontekstual, PTK, motivasi belajar, kemampuan kognitif

×
Penulis Utama : Ardikaagungprihantoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310014
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Metode Hypnoteaching dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VII SMP pada Materi Suhu dan Pengukuran
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP. Jur. Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-K.2310014-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd
2. Drs. Y Radiyono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.