Penulis Utama : Ratih Nurhayati
NIM / NIP : K1210041
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) konflik batin tokoh berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud, (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel 12 Menit karya Oka Aurora dan (3) relevansi sebagai materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data penelitian ini dari dokumen berupa novel dan informan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dari analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, konflik batin yang terjadi dalam novel meliputi kecemasan dalam mencari pengganti field commander, dilema Elaine dengan lingkungan baru, ketakutan terhadap sikap orang tua, keinginan orang tua bertentangan dengan keinginan anak, kebimbangan meneruskan pendidikan, keraguan menjadi anggota tim inti, keinginan bertemu orang tua, dan kecemasan kehilangan orang tua. Kedua, novel 12 Menit karya Oka Aurora mengandung nilai pendidikan karakter, yaitu religius, jujur, toleransi, peduli lingkungan, peduli sosial, disiplin, kerja keras, mandiri, menghargai prestasi, cinta damai, demokratis, dan cinta tanah air. Ketiga, novel 12 Menit karya Oka Aurora relevan sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA, meliputi memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan dan menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan.
Kata Kunci: konflik batin, psikologi sastra, nilai pendidikan karakter, materi pembelajaran, teori Sigmund Freud

 

×
Penulis Utama : Ratih Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1210041
Tahun : 2016
Judul : Konflik batin dan nilai pendidikan karakter dalam novel 12 menit karya oka aurora serta relevansinya sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra di sekolah menengah atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K.1210041-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum
2. Dr. Sumarwati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.