Penulis Utama : Ayub Ridwan Syah
NIM / NIP : K5611018
×

ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]-->

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar merodasenamlantaimelalui penerapan mediapembelajaranaudio visual dan tutor sebayapadasiswakelas XI 1 SMK Negeri 1 Karanganyartahunpelajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI 1 SMK Negeri 1 Karanganyaryang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 34 siswa putri dan 2 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar merodasenamlantai. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan mediapembelajaranaudio visual dan tutor sebayadapat meningkatkan hasil belajar merodasenamlantai siswa dari prasiklus ke siklus I dandari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus belum menerapkan mediapembelajaranaudio visual dan tutor sebayauntuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan meerodasenamlantai sehingga kemampuan merodasenamlantai siswa masih rendah dan hasil belajar merodasenamlantai siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan darisiklus I ke siklus II. Pada prasiklus, siswa yang tuntas mencapai 16,67%, Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 63,89%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,89%.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan mediapembelajaranaudio visual dan tutor sebayadapat meningkatkan hasil belajar merodasenamlantaisiswakelas XI 1 SMK Negeri 1 Karanganyartahunpelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: Hasilbelajar, merodasenamlantai, penerapan mediapembelajaranaudio visual dan tutor sebaya.<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:#0400; mso-fareast-language:#0400; mso-bidi-language:#0400;} </style>

×
Penulis Utama : Ayub Ridwan Syah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611018
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Meroda Senam Lantai Melalui Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual dan Tutuor Sebaya pada Siswa Kelas XI 1 SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K5611018-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. BambangWijanarko, M.Kes
2. Drs. Muh. Mariyanto, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.