Penulis Utama : Heni Indah Kusumastuti
NIM / NIP : D0210056
×

ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]-->

Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia, disingkat ORARI, adalah salah satu wadah bagi amatir radio di Indonesia. ORARI berdiri pada 9 Juli 1968. Di Indonesia ORARI berpusat di Jakarta, dan di Jawa Tengah ORARI berpusat di Semarang. Ada banyak cabang ORARI, hampir di setiap daerah memiliki organisasi ini. Di cabang Surakarta sendiri berdiri pada tahun 1968 yang bertempat di ruko Bhayangkara. Pada saat itu beranggota 1600 orang yang kebanyakan dari kalangan yang mempunyai hobi pada radio amatir. Tidak dapat dipungkiri bahwa masuknya teknologi telepon seluler di Indonesia memiliki pengaruh terhadap ORARI. Hal paling mendasar mengenai ORARI seperti pola komunikasi dan simbol yang digunakan serta merta mendapat pengaruh atas masuknya teknologi telepon seluler.

Kemudahan penggunaan telepon seluler berdampak pada beralihnya penggunaan radio ke telepon seluler. Hal tersebut juga dirasakan oleh ORARI, jumlah anggota ORARI berkurang sebesar 66% dari semula berjumlah 1.600 anggota menjadi 544 anggota. Pada awal perkembangannya, ORARI menggunakan alat RIGH untuk berkomunikasi. RIGH yang semula hanya menjangkau dua meter sekarang dengan kemajuan teknologi telah mampu menjangkau hingga manca negara.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam, studi pustaka berupa dokumen, buku, dan data-data terkait mengenai penelitian, serta observasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data.

Berdasarkan sajian dan analisa data yang telah dikemukakan oleh peneliti, peneliti melihat bahwa dalam proses perkembangan teknologi ORARI mengalami berbagai macam perubahan yang cukup signifikan. Namun, jika dilihat pola komunikasi yang terbentuk di dalamnya, jaringan komunikasi ORARI tidak berubah maupun terputus karena kesenjangan penggunaan alat teknologi yang digunakan sebagai transmitter pesan dari komunikator kepada komunikan. Pola komunikasi yang digunakan adalah model semua saluran. Semua tingkatan dalam jaringan tersebut dapat melakukan interaksi timbal balik tanpa melihat siapa tokoh sentralnya.

 

Kata kunci : Pola Komunikasi, ORARI<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:0cm; mso-para-margin-left:9.35pt; mso-para-margin-bottom:.0001pt; text-align:justify; text-indent:13.7pt; line-height:200%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style>

×
Penulis Utama : Heni Indah Kusumastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210056
Tahun : 2016
Judul : Pola Komunikasi Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Pola Komunikasi Organisasi Amatir Radio Indonesia Sebelum dan Sesudah Kemajuan Teknologi Komunikasi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0210056-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo, J.K M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.