Penulis Utama : Shinta Purbandari
NIM / NIP : K7112542
×

ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model CIRC dengan media gambar peristiwa, (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model CIRC dengan media gambar peristiwa dalam peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Candiwulan Tahun Ajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 15 siswa. Data berasal dari siswa, guru, teman sejawat, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model CIRC dengan media gambar peristiwa dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) pembentukan kelompok siswa secara heterogen; (b) penyajian materi menulis puisi melalui media gambar peristiwa; (c) pengamatan media gambar peristiwa kemudian menentukan tema, amanat, dan objek fakta dan mengubahnya menjadi pilihan kata; (d) penyusunan kata dan judul berdasarkan tema, amanat dan pilihan kata serta saling memeriksa hasilnya; (e) presentasi kelompok; (f) penarikan kesimpulan; (2) Hasil Keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Candiwulan tahun ajaran 2015/2016 meningkat. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 46,66%, pada siklus II 70% dan siklus III 90%, dan (3) Kendala yang muncul dalam penelitian ini adalah guru kurang tegas dalam mengajar, guru kurang mengenalkan media gambar peristiwa dalam penyampaian materi, siswa kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya. Solusi yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala tersebut yaitu: berdiskusi dengan guru untuk menambah ketegasan dan semangat dalam mengajar, berdiskusi dengan guru agar lebih maksimal dalam pengenalan media gambar peristiwa dalam penyampaian materi, memotivasi siswa untuk lebih percaya diri dan berani dalam mengemukakan pendapatnya.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CIRC dengan media gambar peristiwa dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Candiwulan tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: CIRC, Gambar Peristiwa, Keterampilan Menulis Puisi <!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

×
Penulis Utama : Shinta Purbandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112542
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model CIRC dengan Media Gambar Peristiwa dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SDN Candiwulan Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7112542-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Suyanto, M.Pd.
2. Drs. Triyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.