Penulis Utama : Ilham Januardika
NIM / NIP : F3413039
×

ABSTRAK

Salah satu sumber Pendaptan Asli Derah adalah retribusi pasar.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi retribusi pasar Gede dan potensi pasar Gede terhadap Pendapatan Asli Daerah di kota Surakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara teori, wawancara, survey dan observasi. Langkah tersebut dipilih oleh penulis agar mendapatkan hasil yang relevan dengan keadaan sebenarnya. Sedangkan sumber data diperoleh dari informan, tempat penelitian, dan dokumen. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh penulis, dalam pemungut retribusi sudah menerapkan aturan tetapi belum menghasilkan penerimaan yang sesuai.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi retribusi pasar Gede terhadap Pendapatan Asli Daerah setiap tahunnya selalu mengalami penurunan. Pada tahun 2012 kontribusi retribusi pasar sebesar 0.26%, tahun 2013 sebesar 0.20%, tahun 2014 sebesar 0.17% dan tahun 2015 sebesar 0.15%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan saran kepada Dinas Pengelola Pasar Surakarta yaitu agar kinerjanya dan pengelolaannya lebih ditingkatkan agar penerimaan retribusi lebih maksimal dan penarikan retribusi lebih besar berdasarkan tempat strategis pedagang.
Kata Kunci : Retribusi Pasar, Kontribusi, Potensi Retribusi

×
Penulis Utama : Ilham Januardika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3413039
Tahun : 2016
Judul : Kontribusi Dan Potensi Retribusi Pelayanan Pasar Gede Sebagai Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Di Kota Surakarta (Tahun 2012 – 2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.EB - 2016
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.EB Jur. Perpajakan-F3413039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arum Kusumaningdyah Adiati, S.E., M.M., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.