Penulis Utama : Isnaini Nurul Hayyu
NIM / NIP : C9413030
×

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang apa yang melatar belakangi terbentuknya Komunitas Laku Lampah. Dijelaskan pula mengenai sistem organisasi, tugas dan tanggung jawab masing-masing divisi bidang. Kegiatan yang dilakukan, tema kegiatan, waktu pelaksanaan, dan objek yang dikunjungi dalam kegiatan Wisata Laku Lampah. Serta strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah peminat.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Observasi dilakukan dengan mengikuti langsung kegiatan Laku Lampah, wawancara dengan pengurus komunitas dan peserta, serta studi dokumen arsip dari Komunitas LakuLampah. Studi pustaka dengan menggunakan teori yang terdapat pada buku-buku di perpustakaan Universitas Sebelas Maret dan lab Tour DIII UPW. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wisata LakuLampah dilaksanakan setiap bulan sekali. Wisata ini dilaksanakan ke tempat-tempat yang memiliki kaitan sejarah dan budaya, kerajinan dan kesenian, serta wisata kuliner. Tempat yang dikunjungi berbeda-beda setiap kunjungannya. Promosi dilakukan melalui website dan media sosial yang dimiliki oleh Laku Lampah.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Laku Lampah merupakan program yang bertujuan untuk memperkenalkan warisan sejarah dan kekayaan budaya dengan mengemasnya menjadi sebuah wisata yang edukatif dan menarik. Laku Lampah dikategorikan sebagai wisata minat khusus karena kegiatannya yang spesifik membahas tentang sejarah dan budaya Kota Solo hingga Jawa tengah.

×
Penulis Utama : Isnaini Nurul Hayyu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9413030
Tahun : 2016
Judul : Strategi Pemasaran Wisata Laku lampah Di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.IB - 2016
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F.IB Jur. Usaha Perjalanan Wisata-C9413030-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Insiwi Febriary Setiasih, S.S, M.A.
2. Dra. Sawitri P.P, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.